Beranda Headline Puluhan Rumah Rusak Akibat Banjir Kendal

Puluhan Rumah Rusak Akibat Banjir Kendal

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, KENDAL – Dampak akibat banjir bandang yang terjadi Jumat (9/2) malam di wilayah Kecamatan Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan mengakibatkan setidaknya ada tiga rumah hanyut serta sebanyak 45 rumah rusak berat dan sedang.

Keesokan harinya, Sabtu (10/2) Bupati Mirna Annisa bersama sejumlah staf langsug meninjau ke lokasi kejadian bencana terutama di wilayah Kecamatan Kaliwungu Selatan yang kebanyakan rumah warga rusak menjadi sasaran banjir bandang akibat sungai meluap.

“Tentu kami secepatnya akan memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir. Namun untuk data jumlah korban bencana pastinya biar lengkap dan jelas dahulu. Apalagi sejumlah infrastruktur juga banyak yang ikut rusak,” terang Bupati Mirna.

Mirna menambahkan, masih banyak penataan normalisasai sungai. Apalagi banyak tanggul sungai yang jebol. “Untuk itu perlu normalisasi kembali. Yang belum ada tanggul segera dibuatkan tanggul, sedangkan yang jebol nanti kita benahi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal Sigit Sulistyo ketika dikonfirmasi mengatakan akibat bencana banjir rumah milik Karyati warga Dukuh Gelung RT 004 RW 08 Desa Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan dan Mastur warga Protomulyo Kaliwungu Selatan hanyut.

“Sedangkan puluhan rumah lainnya mengalami rusak berat dan sedang. Sampaiu saat ini kami masih melakukan pendataan berapa jumlah pastinya. Terlebih sejak semalam banyak warga juga mengungsi ditempat yang aman,” jelasnya.

Disampaikan, akibat bencana tersebut rumah milik 255 KK Desa Sumberejo, 50 KK Desa Citran, 102 KK Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu terendam banjir . Selain itu, di wilayah Kecamatan Brangsong ada 237 KK dan Desa Kebonadem 301 KK.

“Dari Palang Merah Indonesia 9PMI) Kendal telah mendirikan posko peduli dan membuat dapur umum. Hari ini mereka bersama kami membagikan nasi kepada warga terkena banjir bandang,” pungkasnya. (via/drh)

BERBAGI