Beranda Jateng Purnomo Serahkan Surat Mundur dari Pilkada ke DPC PDIP Solo

Purnomo Serahkan Surat Mundur dari Pilkada ke DPC PDIP Solo

14
Purnomo Serahkan Surat Mundur dari Pilkada ke DPC PDIP Solo

JATENGPOS.CO.ID, SOlO — Bakal calon Wali Kota Solo dari Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP) Achmad Purnomo resmi menyerahkan surat pengunduran diri dari pencalonan ke Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo.

“Iya sudah, sudah saya terima suratnya (pengunduran diri),” kata Rudy, Jumat (29/5).

Meski demikian, Hadi mengaku belum memproses surat pengunduran diri Purnomo dari pencalonan Pilkada itu. Ia menyatakan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo akan menggelar rapat bersama pimpinan ranting dan pimpinan anak ranting PDIP Solo untuk merespon surat tersebut setelah 1 Juni 2020.

“Kan belum jelas juga apakah Pilkada digelar Desember tahun ini atau tidak. Nanti kita rapat dulu baru diputuskan disetujui atau tidak,” kata Purnomo.

Diketahui, DPC Kota Solo sendiri sudah menyatakan mendukung pasangan calon Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa (Puguh) pada Pilwalkot Solo 2020.

Hadi menjelaskan mekanisme selanjutnya, DPC Solo akan mengirimkan surat ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk menindaklanjuti keputusan tersebut.

“Nanti kalau DPC menyetujui, kita bawa ke DPP. Nanti DPP bagaimana keputusannya ke DPC,” kata Rudy.

Sebelumnya, Purnomo berencana mengundurkan diri dari proses pencalonan apabila Pilkada digelar 9 Desember tahun ini. Menurutnya, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi virus corona bertentangan dengan rasa kemanusiaan.

Diketahui, proses pencalonan Pilwalkot Solo mendapat sorotan publik belakangan ini. Putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka memutuskan untuk maju di kontestasi tersebut.

Baik Gibran dan Purnomo sama-sama maju sebagai kandidat bakal calon Wali Kota Solo dari PDIP. Purnomo mendapat dukungan bulat dari struktural DPC PDIP Solo. Sementara, Gibran mendaftar langsung ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah.(dtc/udi)