Beranda Internasional Putin Undang Trump Bertemu di Moskow

Putin Undang Trump Bertemu di Moskow

13
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat mengatakan mengundang Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke Moskow, meski banyak pihak mengecam pertemuan pertama kedua tokoh tersebut di Helsinki pada pekan lalu.

Amerika Serikat dan Rusia sebelumnya menunda rencana pertemuan kedua Trump-Putin di Washington, setelah warga Amerika Serikat menghujani sang presiden dengan kritik karena dianggap terlalu lembek dalam pertemuan pertamanya dengan Putin.

Namun, di Afrika Selatan saat menghadiri KTT negara BRIC, Putin mengatakan bahwa pertemuan kedua dengan Trump masih diagendakan.

“Terkait pertemuan kami, saya mengerti yang Presiden Trump ucapkan. Dia punya keinginan untuk melanjutkan pertemuan pertama kami,” kata Putin.

“Saya siap. Kami siap menggelar pertemuan itu. Kami sudah menyampaikan undangan kepada Presiden Trump untuk mengunjungi Moskow,” kata dia.

Putin tidak mengatakan apa jawaban Trump terhadap undangannya ke Moskow. Terakhir kali Trump mengunjungi ibu kota Rusia tersebut terjadi pada 2013 saat dia menghadiri kontes kecantikan Miss Universe.

“Meski banyak kesulitan terkait situasi politik internal di Amerika Serikat, kami tetap saling berkomunikasi,” kata Putin, yang mengisyaratkan kecaman para politisi di Washington terhadap Trump. (fid/ant)

BERBAGI