Beranda Jateng Rangkaian Even Festival jadi Magnet Unik Karimunjawa

Rangkaian Even Festival jadi Magnet Unik Karimunjawa

75
BERBAGI
Wisatawan mulai memenuhi area stand pameran di alun-alun Karimunjawa pada saat sore hari sepulang dari wisata laut.

JATENGPOS.CO.ID, JEPARA – Kendati baru pertama kali digelar, Festival Karimunjawa 2018 telah menjadi magnet tersendiri bagi wisata di Pulau Karimunjawa. Rangkaian even yang menarik, menjadi kegiatan yang dinantikan wisatawan saat tinggal di Karimunjawa.

Hal itu disampaikan Ahsan Budi, salah seorang pemandu wisata yang membawa sejumlah wisatawan dari Kota Semarang. Menurutnya, even-even semacam Festival Karimunjawa harus sering diadakan karena akan menarik wisatawan untuk tinggal lebih lama di Pulau Karimunjawa.

Dia berkisah, selama ini daya tarik Karimunjawa lebih terfokus pada wisata laut. Pada saat berada di daratan, wisatawan kurang memiliki banyak aktivitas wisata. “Kalau ada even yang bersifat tradisional dan bisa melibatkan wisatawan ini akan menjadi lebih menarik ke depannya,” tukasnya di sela mengunjungi stand wisata, di Alun-alun Karimunjawa, Jumat (28/9/2018).

Sementara rombongan wisatawan dari manca negara juga cukup antusias mengikuti rangkaian kegiatan even yang diadakan selama Festival berlangsung, sekitar dua pekan di kepulauan tersebut. Salah satunya diungkapkan Marco, yang datang bersama sejumlah rekannya.

Mereka terkesan dengan pulau yang masih asri dan seni tradisional yang terawat dengan baik. Menurutnya, keramahan penduduk Karimunjawa membuatnya sangat terkesan tinggal di kepulauan tersebut.

Dia sempat bercerita tentang rekannya yang sempat kehilangan kunci sepeda motor sewaan di salah satu pantai. Tak seberapa lama kunci tersebut ditemukan warga yang beramai-ramai membantu mencarikan. Rupanya kunci motor terjatuh dari kantong celananya. “Banyak tradisi unik dan warga yang sangat ramah, kami suka tinggal di sini,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Alamsyah mengungkapkan, pihaknya akan berusaha agar even menarik dikembangkan pada tahun-tahun mendatang. Menurutnya, antusiasme wisatawan untuk berkunjung ke Karimunjawa sangat tinggi.

Terlebih, saat ini promosi bisa melalui para pengguna media sosial. Dia berharap, keramahan dan keasrian Karimunjawa tetap terjaga sehingga tetap menjadi daya tarik wisatawan untuk betah tinggal di pulau tersebut. drh