Beranda Edukasi Ratusan Guru Jateng Berlatih Menulis di UPGRIS Semarang

Ratusan Guru Jateng Berlatih Menulis di UPGRIS Semarang

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Gegap gempita belajar menulis opini guru di media massa Minggu (6/5/2018) kemarin juga berlangsung meriah di Kampus 4 UPGRIS Jl.Gajah Raya Semarang. Ratusan guru se -Jateng tumplek blek dalam pelatihan yang dipandu Tukijo, S.Pd,  Ketua Kelas Literasi Guru Jateng itu.

Acara yang digelar Harian Jateng Pos kerjasama Kelas Literasi Guru Jateng itu benar benar menjadi ajang latihan para guru dari lintas sekolah SD, SMP, hingga SMA/SMK se Jawa Tengah.   Nara sumber utama, Tukijo, S.Pd dari Kelas Literasi Guru Jateng yang sekaligus penulis antologi Geguritan”Suket Teki” berbagi tips menulis opini di media massa.

Beberapa materi apik dilempar kepada guru. Diantaranya materi teknik menulis artikel di media massa, PKB dan Angka Kredit Guru, Bahasa Jurnalistik, Teknik Editing dan praktik menulis. Selama kegiatan peserta dipandu menulis artikel dari mulai menentukan topik.

Kata Tukijo, pelatihan ini makin digemari karena mampu mendongkrak minat guru untuk menulis. Karya guru berupa artikel popular ilmiah dijamin terbit di koran jika para guru mau mengikuti kaidah-kaidah penulisan media massa yang diajarkan.

“Selama ini para guru mengeluh,  mengirim artikel ke media tapi sulit tembus. Ya karena tidak tahu triknya. Padahal dari artikel yang terbit di media massa tersebut bisa dinilai angka kreditnya untuk kenaikan pangkat guru,”katanya.

Dia juga memberi motivasi menulis dan pemahaman regulasi media. Ada dua regulasi yang mengatur perusahaan media, yaitu UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. “Kerja media dan wartawan dipagari  dua aturan itu supaya produknya tidak merugikan publik,” imbuhnya.

“Bagi saya ini pelatihan yang bagus.Saya ingin bisa menulis di koran untuk naik pangkat,” ujar Pranita peserta dari Banjarnegara.  Acara yang dimoderatori Alfiah,M.Pd dari UPGRIS ini berlangsung cukup meriah karena disela-sela acara ada kuis online yang berhadiah buku.  (*/tukijo)

BERBAGI