Beranda Jateng Ratusan Mangrove Ditanam di Pantai Tirang

Ratusan Mangrove Ditanam di Pantai Tirang

52
BERBAGI
Penamanam Mangrove di Pantai Tirang, Semarang. Minggu (2/12/2018). Intan/jatengpos.co.id

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Komunitas Lindungi Hutan kembali membuat gerakan menanam pohon mangrove di tiga lokasi di Indonesia, yaitu Semarang, Kendal dan Bengkulu.

Penanaman mangrove di Semarang dilaksanakan di Pantai Tirang, Kota Semarang, pada Minggu (2/12/2018) dan diikuti oleh puluhan relawan yang mengatasnamakan dirinya sebagai relawan lindungi hutan Semarang.

Dikatakan oleh Koordinator kegiatan penanaman hari ini di Semarang, Lutfi Hakim, ini adalah kegiatan lanjutan dari penanaman pohon manggorve sesi pertama di Pantai Tirang.

“Penanaman ini butuh waktu sekitar tiga bulan ya untuk kampanyenya sendiri. Ini sudah kedua kalinya kalo di Pantai Tirang. Untuk hari ini kita melakukan penanaman 400 pohon, sebelumnya kita sudah pernah nanam 2.000 pohon disini”, ujarnya di sela sela acara.

Pemilihan Pantai Tirang sebagai tempat penanaman pohon mangrove di Kota Semarang, didasarkan pada fakta tentang betapa kurangnya pohon di sekitar pesisir pantai sehingga menyebabkan abrasi yang menghancurkan potensi wisata di kawasan tersebut.

“Di daerah Semarang sendiri, ada tiga lokasi yang jadi perhatian kami, yang pertama daerah Genuk, kemudian Trimulyo, dan daerah Tugu ini, karena memiliki arus yang kencang sehingga rentan terkenan abrasi,” ujarnya.

Harapanya dengan adanya kegiatan kali ini dapat mengembalikan keindahan pantai Tirang yang sempat menjadi primadona wisata di Kota Semarang, dan membuka mata warga masyarakat di Kota Semarang. (ita/drh)