Beranda Headline Ratusan Warga Pati Demo Tolak Pabrik Semen

Ratusan Warga Pati Demo Tolak Pabrik Semen

BERBAGI
Ratusan warga Pati menggeruduk kantor Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Jl.Pahlawan Semarang, Selasa (5/12/2017). Mereka minta Ganjar mencabut izin pabrik semen PT Indocement.

JATENGPOS.CO.ID, PATI — Ratusan warga Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menggelar aksi damai dengan cara memasang 25 spanduk yang berisi penolakan terhadap rencana pembangunan pabrik semen di daerah mereka, Senin.

Aksi yang diikuti warga Desa Keben, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati tersebut, diawali dengan berkumpul di lapangan desa setempat kemudian mengadakan pawai keliling kampung.

Spanduk yang terpasang di sejumlah lokasi, diantaranya berisi tulisan “wong tani butuh lahan kanggo nandur indocement segeralah mundur, teganya dirimu kamu yang menambang saudaramu yang kena banjir bandang, desa mowo coro indocement munduro”.

Koordinator Aksi Damai, Bambang Riyanto mengungkapkan bahwa aksi ini dalam rangka membangkitkan kembali gelora gerakan lingkungan terutama terkait dengan rencana pembangunan pabrik semen di wilayah Tambakromo dan Kayen.

“Kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa di Pegunungan Kendeng ada banyak kelompok gerakan lingkungan, gerakan penolak rencana tambang dan pabrik semen,” ujarnya.Bahkan, lanjut dia, kelompok peduli lingkungan tidak hanya satu kelompok saja, melainkan cukup banyak.

“Lamanya gerakan penolakan pabrik semen ini kadang membuat masyarakat lelah. Untuk itu, harus ada model alternatif untuk mengembangkan gerakan tolak semen dan membangun kesadaran masyarakat,” ujarnya.

Salah satu yang dikembangkan oleh kelompok Ahli Waris Kendeng (AWK), yakni dengan mengusahakan agar kawasan Pegunungan Kendeng dikembangkan jadi destinasi wisata. (fid/ant)

BERBAGI