Beranda Jateng Rektor Baca Puisi, Wisudawan Menitikkan Air Mata

Rektor Baca Puisi, Wisudawan Menitikkan Air Mata

Universitas Ngudi Waluyo Ungaran Gelar Wisuda VI dan Sumpah Profesi

91
BERBAGI
PENGUKUHAN: Rektor Universitas Ngudi Waluyo Ungaran Prof. Dr. Subiyantoro memindahkan tali toga menandai pengesahan wisudawan, Rabu (6/3).
PENGUKUHAN: Rektor Universitas Ngudi Waluyo Ungaran Prof. Dr. Subiyantoro memindahkan tali toga menandai pengesahan wisudawan, Rabu (6/3).

SEMARANG- Gedung Balai Diponegoro komplek Kodam IV/Diponegoro Jalan Perintis Kemerdekaan Banyumanik, Semarang menjadi hening dan khidmat saat Rektor Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran Prof. Dr. Subiyantoro, M.Hum membacakan puisi yang ditujukan kepada para wisudawan yang baru dikukuhkannya. Untaian kata bermakna pesan dan kesan itu melarutkan rasa hingga wisudawan menitikkan air mata.

Suasana itu terlihat dalam upacara Wisuda VI dan Sumpah Profesi 2019 yang diikuti sebanyak 329 wisudawan UNW. Tidak hanya wisudawan yang menitikkan air mata, orang tua yang mendampingi untuk menyaksikan pengukuhan wisuda itu beberapa diantaranya terlihat tak kuasa menahan tangisnya. Rasa haru bercampur bahagia itu pecah ketika Rektor membacakan puisi berjudul “Nasehat Seorang Dosen Kepada Mahasiswa yang Baru Diwisuda” karya S. Suharianto.
“Baru saja kalian lantunkan janji wisudawan… Tanda predikat mahasiswa telah kalian tinggalkan…. Dengarkanlah nasehatku ini… Setelah di bekalang nama kalian terpampang gelar…,” ucap Prof Subiyantoro melantunkan baik demi bait puisi yang dibacakan di akhir sambutannya itu.

Semua terdiam, hening dan khidmat menamatkan kalimat demi kalimat yang terucap seperti sebuah petuah suci yang harus mereka camkan dalam-dalam. Pembacaan puisi menandai akhir sambutan Prof Subiyantoro disambut tepuk tangan wisudawan, dan diantaranya tidak lupa menyeka air mata haru.

Sugianti (46) salah satu orang tua dari wisudawan Fakultas Ilmu Keperawatan asal Pekalongan mengaku terharu saat mendengar bacaan puisi tersebut. Menurutnya, isi puisi merupakan petuah dari dosen atas keberhasilan anaknya mencapai gelar sarjana.

“Pak Rektor seakan menyerahkan semua hasil yang dicapai anak saya selama dididik di UNW. Saya sebagai orang tua terharu atas perjuangan anak-anak dan para dosen. Kami akan kembali bimbing anak saya setelah lulus ini,” ujarnya kepada Jateng Pos.

Dalam sambutannya, Prof Subiantoro menyampaikan Wisuda VI diikuti sebanyak 329 wisudawan, diantaranya terdiri dari 119 orang S1 dan 225 orang program Diploma, dan 85 orang program profesi. Hasil membanggakan, disebutkan, nilai IP rata-rata wisudawan 3,4 dan yang memperoleh predikat cum laude sebanyak 55 (17 %) wisudawan.

Lama studi sarjana rata-rata ditempuh wisudawan 8,4 semester.

“Sejak berdiri tahun 1994 saat ini UNW sudah mewisuda sebanyak 11.602 wisudawan. Alhamdulillah lulusan UNW semakin meningkat dari priode ke priode. Mengindikasikan makin meningkatnya kualitas layanan pendidikan yang diselenggarakan di kampus kita ini,” ujarnya.

Dilanjutkan, bahwa memasuki era revolusi Industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat saat ini teknologi informasi telah dikendalikan teknologi digital yang cepat dan masif. Melihat kondisi yang terus berjalan dalam masyarakat ini, UNW akan terus berbenah memperbaiki kualitas pendidikan menuju pencapaian visi “Menjadikan Universitas Unggul, Berbudaya Sehat, dan Bereputasi Internasional”. (muz/biz)

BERBAGI