Beranda Edukasi Remaja Panti Perlu Personal Branding

Remaja Panti Perlu Personal Branding

99
KEBERSAMAAN: Tim pengabdian masyarakat dosen kebidanan dan komunikasi Unissula foto bersama remaja Panti Asuhan Noor Hidayah usai kegiatan bhakti sosial.
KEBERSAMAAN: Tim pengabdian masyarakat dosen kebidanan dan komunikasi Unissula foto bersama remaja Panti Asuhan Noor Hidayah usai kegiatan bhakti sosial.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Dosen Kebidanan dan Komunikasi Unissula belum lama ini pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Noor Hidayah Kelurahan Muktiharjo Semarang, Jumat (12/7).

Ketua tim pelaksana, Noveri Aisyaroh mengatakan, pengabdian ini mengajarkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja melalui metode personal branding. Personal branding adalah bagaimana seseorang mengembangkan potensi/keterampilan diri, perilaku dan memahami nilai unggul dalam dirinya agar paham apa yang ingin dicapai.

Menurutnya, masa remaja penting bagi kehidupan seseorang. Remaja perlu dilatih pengenalan kemampuannya agar mampu memahami apa yang jadi tujuan hidupnya dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dengan perilaku dan pola hidup bersih dan sehat secara fisik, psikologis dan spiritual, sehingga pendampingan ini dibutuhkan.

“Panti Asuhan Noor Hidayah jadi prioritas karena masa pertumbuhan anak-anak ini tidak didampingi orang tua sehingga peran dosen sebagai pendidik bisa lebih maksimal dengan kegiatan pengabdian masyarakat,” terangnya.

Kegiatan PKM ini didanai Kemenristekdikti 2019 dilakukan melalui peningkatan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja, perilaku hidup bersih dan sehat, pemeriksaan Hb bagi remaja putri, pembentukan peer educator serta mengoptimalkan kemampuan public speaking dengan serangkaian kegiatan penyuluhan, permainan, praktik dan pengenalan situasi melalui pelatihan table manner.

Tim Noveri juga kerjasama dengan dosen kebidanan yang lain Isna Hudaya dan dosen Ilmu Komunikasi Made Dwi Adnjani yang memiliki kemampuan sesuai bidangnya serta beberapa mahasiswa Unissula. Remaja panti juga diajak kegiatan pelatihan table manner di hotel, hotel tour ke beberapa ruangan penting hotel.

“Kegiatan PKM diharap mampu membentuk personal branding remaja agar jadi bekal dalam menjalani kehidupan lebih baik dengan lebih percaya diri,” ujar Noveri. (gus/ biz/sgt)