Beranda Sekolah Hebat Opini Guru “Reward” Stimulus Jitu Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa

“Reward” Stimulus Jitu Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa

10
AYAT BUDI SISWATI,S.Pd.SD SDN SIJERUK, BANJARMANGU BANJARNEGARA

Dalam dunia pendidikan kita sering menjumpai berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan yang sering dijumpai yaitu adanya krisis kepercayaan diri pada peserta didik.  Banyak dari peserta didik kita di sekolah yang memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik tidak punya keberanian untuk mengutarakan ide pendapat dan pertanyaan dalam proses pembelajaran. Sehingga cukup berpengaruh terhadap proses belajar dan pergaulan siswa. Dengan minimnya rasa kepercayaan diri, peserta didik akan lebih sulit mengatasi berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Apa pun yang mereka hadapi akan terasa lebih berat, sehingga akan menimbulkan konsep diri yang negatif. Peserta didik menjadi lebih pendiam dan lebih tertutup terhadap orang lain.

Berdasarkan pengamatan penulis, banyak guru mengeluh peserta didik tidak ada respon setelah proses pembelajaran. Sebagai contoh misalnya ketika guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi, peserta didik cenderung lebih banyak diam dan tidak punya keberanian untuk menjawab serta mengajukan pertanyaan. Ini karena peserta didik merasa minder, takut salah dan takut tidak dihargai. Hal ini juga terjadi di SDN Sijeruk, sebagian besar peserta didik kelas V mengalami krisis kepercayaan diri. Terlebih pada awal-awal tahun ajaran.

Dengan melihat dari permasalahan di atas penulis menyimpulkan bahwa peserta didik membutuhkan penghargaan dan motivasi dari gurunya. Sehingga penulis memiliki alternatif penanganan masalah dengan pemberian “reword” atau penghargaan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri peserta didik dalam memberikan tanggapan dan mengajukan pertanyaan terhadap materi yang disampaikan guru di kelasnya.

Reword diambil dari bahasa inggris yang berarti ganjaran, upah, hadiah, pahala dan hukuman, dengan demikian reward dalam bahasa inggris bisa digunakan untuk balasan yang memiliki sifat positif atau negatif. Reward adalah memberikan sesuatu pada orang lain sebagai bentuk penghargaan untuk cendera mata atau kenang-kenangan yang menjadi salah satu metoda psikologi pendidikan.

Menurut Slameto(2010:  171) reword adalah suatu penghargaan yang diberikan guru kepada peserta didik sebagai hadiah karena peserta didik tersebut telah berprilaku baik dan sudah berhasil melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan baik. Purwanto(2011:   182) juga berpendapat reword adalah alat untuk mendidik anak-anak supaya anak merasa senang karena perbuatan atau pekerjannya mendapat penghargaan. Sejalan dengan itu Hamalik(2009:   184) juga mengatakan bahwa reword memiliki tujuan untuk membangkitkan atau mengemban minat. Reward ini hanya berupa alat untuk membangkitkan minat saja bukanlah sebagai tujuan. Tujuan pemberian penghargaan dalam belajar adalah bahwa seseorang akan menerima penghargaan setelah melakukan pembelajaran dengan baik dan akan melakukan pembelajaran sendiri di luar kelas. Reward juga bisa dikatakan sebagai motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswanya(Sardiman, 2007:   92).

Upaya yang diterapkan penulis dengan memberikan “reward” terhadap peserta didik dalam setiap pembelajaran menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hampir 80 % dari  peserta didik menunjukan  peningkatan rasa kepercayaan dirinya. Sehingga peserta didik lebih antusias dalam pembelajaran. Peserta didik jadi punya keberanian untuk mengungkapkan ide, pendapat dan pertanyaan dalam setiap pembelajaran.

Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan metode pemberian “reward” dapat meningkatkan motivasi intrinsik dari motivasi ekstrinsik, dalam artian siswa mampu melakukan suatu perbuatan, maka perbuatan timbul dari kesadaran peserta didik itu sendiri. Adanya pemberian “reward” diharapkan juga dapat membangun suatu hubungan yang positif antara guru dengan peserta didik, karena reward itu adalah bagian dari pada rasa penjelmaan dari rasa sayang seorang guru kepada peserta didik.

 

AYAT BUDI SISWATI,S.Pd.SD

SDN SIJERUK, BANJARMANGU BANJARNEGARA