Beranda Jateng Ribuan Orang Padati Kirab Agung Keraton Solo

Ribuan Orang Padati Kirab Agung Keraton Solo

BERBAGI
Iring-iringan Kirab Agung Keraton Kasunanan Surakarta yang dipimpin Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (5/5) (Antara)

JATENGPOS.CO.ID, SOLO — Ribuan warga masyarakat dari berbagai daerah ikut menyaksikan prosesi tradisi kirab Agung Keraton Surakarta dalam rangka Tingalan Dalem Jumenengan Ke-14 SISKS Pakoe Boewono XIII di Kota Solo, Sabtu (5/5).

Raja Keraton Surakarta Pakoe Boewono XIII dalam kirab agung dengan menunggang Kereta Kiai Garuda Kencana yang ditarik enam ekor kuda berada di belakang rombongan kuda yang dinaiki para kerabat dan petugas keraton mulai berangkat dari depan gedung Sasono Setinggil keluar keliling Kota Solo.

Pada kirab Agung Tingalan Dalem Jumenengan ke-14 SISKS Pakoe Boewono XIII, terlihat ribuan pengunjung memadati sepanjang jalan yang dilewati peserta kirab sejak dimulai dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Bahkan, masyarakat yang ingin melihat langsung rela berpanas-panasan untuk menyaksikan prosesi kirab agung yang dimulai dari kawasan Sasono Sitihinggil hingga kelilingi Kota Solo atau rute mengelilingi keraton.

Menurut Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo dalam kirab agung Keraton Surakarta dengan menggunakan sebanyak 14 kereta kencana yang ditumpangi keluarga dan kerabat keraton, puluhan orang kelompok penunggang kuda, dan ikuti ratusan abdi dalem keraton.

“Pada kirab tahun ini, Raja PB XIII ikut dalam iring-iringan kirab, dan naik Kereta Kiai Garuda Kencana, yang pertama kali dipesan oleh PB VII, dan buatan sekitar 1836,” kata Dipokusumo. (hfd/ant)

BERBAGI