Beranda Jateng Solo Ribuan Umat Hindu Iringi Prosesi Melasti

Ribuan Umat Hindu Iringi Prosesi Melasti

30
BERBAGI
PEMBERSIHAN: Ribuan umat Hindu Klaten dan Yogyakarta mengikuti upacara Melasti di Umbul Geneng Kebonarum, MInggu (11/3) Foto: Cahya Indrawan/Jatengpos

JATENGPOS.CO.ID, KLATEN – Ribuan umat Hindu merayakan upacara keagamaan Melasti di Umbul Desa Geneng, Kecamatan Kebonarum, Minggu(11/3). Melasti merupakan upacara pembersihan alam semesta dan manusia yang selalu diadakan tiap kali menjelang Hari Raya Nyepi.

Dari pantauan Jateng Pos, ribuan umat Hindu sudah berkumpul di Pura Tirta Buana sejak pukul 08.00 WIB. Satu jam kemudian, ribuan umat Hindu tersebut mengarak jempana menuju Umbul Geneng yang jaraknya mencapai dua kilometer. Selama perjalanan, iringan gamelan dan doa tak henti-hentinya dipanjatkan.

“Arak-arakan tersebut memiliki makna, setiap langkah dalam perjalanan melambangkan perjuangan yang harus ditempuh sebagai orang yang taat iman kepada Tuhan,” kata pemimpin upacara Melasti, Romo Resi Bahudanda Sajiwa Dharma Telabah.

Sesampainya di Umbul Geneng, ribuan umat Hindu dari Klaten dan Yogyakarta tersebut lantas duduk dan mengikuti prosesi upacara selanjutnya. Setelah acara inti berupa doa-doa selesai dipanjatkan, prosesi mecaru dan mekelem pun dilakukan.

“Selain sebagai pembersihan sarana dan prasarana menjelang upacara Tawur Agung di Candi Prambanan nanti, upacara Melasti ini merupakan penyucian alam semesta dan jiwa manusia,” tambah Romo Resi Bahudanda Sajiwa Dharma Telabah.

Lebih lanjut Romo Resi Bahudanda Sajiwa Dharma Telabah menjelaskan, semangat Nyepi tahun ini mengajak seluruh umat Hindu untuk ikut menjaga persatuan dan kesatuan. Hal ini sesuai dengan tema Nyepi 2017, yakni Melalui Catur Brata Penyepian, Mengangkat Solidaritas dan Perekat Kebersamaan demi Keutuhan NKRI.

“Kita harus bersatu, toleransi harus dijaga. NKRI harus dipertahankan, itu harga mati,” pungkas Romo Resi Bahudanda Sajiwa Dharma Telabah.(aya/saf/drh)

BERBAGI