Beranda Jateng Rinto Tekankan Pentingnya Nilai Kebangsaan

Rinto Tekankan Pentingnya Nilai Kebangsaan

123
BERBAGI
KEBANGSAAN: Rinto subekti saat memberikan sosialisasi Pancasila di kecamatan Tanon, Sragen, Kamis (7/2/2019).
KEBANGSAAN: Rinto subekti saat memberikan sosialisasi Pancasila di kecamatan Tanon, Sragen, Kamis (7/2/2019).

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jawa Tengah Rinto Subekti mengatakan, empat Pilar Bangsa, yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sangat penting untuk memperteguh dan penguat nilai-nilai kebangsaan. “Tanpa penghayatan dan pengamalan empat Pilar tersebut, bangsa Indonesia tidak akan memiliki muara pemersatu,” jelas Rinto Subekti saat menggelar Sosialisasi empat pilar, di kecamatan Tanon, Sragen, Kamis (7/2).

Menurutnya, pendidikan Pancasila pasca Reformasi, dinilainya tidak lagi menjadi perhatian masyarakat. “Jika ini terus berlanjut, maka akan melunturkan semangat kebangsaan,” ujar Rinto. Rinto yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah mengatakan, nilai-nilai kebangsaan penting diperteguh karena saat ini perdebatan tentang hubungan antara agama dan negara, akhir-akhir ini kembali mencuat ke permukaan. Saat ini, ungkap Rinto, ada pihakpihak yang mencoba untuk mempertentangkan antara agama dan nilai-nilai Pancasila.

Masyarakat sangat mudah diadu-domba, lewat sentimen agama, isu komunis dan sebagainya, terlebih menjelang Pilkada serentak. Masyarakat saat ini, dalam soal agama misalnya, mudah mengklaim diri paling benar sambil membiarkan diri termakan berita-berita tidak jelas (hoax).

“Padahal, Pancasila ini merupakan warisan luhur para pendiri bangsa yang spiritnya memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai yang diajarkan Islam,” kata anggota Komisi X DPR RI ini.

Rinto berharap acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut. Dia menambahkan dalam materinya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan majemuk terdiri atas berbagai suku, bahasa dan budaya, agama, dan adat istiadat.

“Kemajemukan harus dipelihara dan di pertahankan dan terus dikembangkan. Keberagaman ini terwujud dalam Bhinneka Tunggal Ika dan yang menjadi perekat dan pengikat kerukunan bangsa adalah nilai-nilai yang menjadi kekuatan dan pendorong untuk mencapai cita-cita bangsa yakni tumbuh dan hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat, dan nilai itu telah terkandung dalam sila-sila Pancasila.” terang Rinto.

Adapun peserta yang hadir dari berbagai kalangan antara lain tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan lain-lain, yang berasal dari Kecamatan Tanon Sragen. (dea/rit/bis)

BERBAGI