Beranda Travelling Kuliner RM Muncul Jaya Ungaran Sajikan Oseng-oseng Jantung Pisang Spesial

RM Muncul Jaya Ungaran Sajikan Oseng-oseng Jantung Pisang Spesial

83
BERBAGI
Bangunan RM Muncul Jaya di Jalan Pemuda 301 Ungaran (komplek Alun-alun Lama Ungaran) terlihat etnik dan unik. Bangunan terbuat dari gebyok khas Jawa ini menyediakan aneka menu tradisional Jawa. FOTO: ABDUL MUIZ/JATENGPOS

RUMAH Makan (RM) berkonsep etnik Jawa dengan mengandalkan menu spesial masakan tradisional Jawa hadir di kota Ungaran, Kabupaten Semarang. Penikmat kuliner bakal dibuat takjub ketika berada di RM ini. Tidak hanya mengagumi bangunan RM yang keseluruhan terbuat dari gebyok kayu, namun juga akan menemukan aneka menu dengan cita rasa tinggi.

Untuk menemukan RM rekomended ini cukup mudah. Ya, RM Muncul Jaya terletak di jantung kota Ungaran, tepatnya di Jalan  Pemuda 301 Ungaran. Lokasinya cukup strategis berada di sudut selatan komplek Alun-alun Lama Ungaran. RM berlantai tiga ini bangunannya cukup menonjol. Tidak hanya karena megah namun bangunannya juga khas dengan desain kayu ukir gebyok.

Dua host RM Muncul Jaya menyambut setiap pengunjung yang datang. FOTO:ABDUL MUIZ/JATENGPOS

Rumah Makan yang dibuka tanggal 9 April 2017 lalu tidak hanya eksis menampilkan konsep super etniknya, namun tak kalah menarik, adalah sajian menu-menu yang ditawarkan bakal mengundang selera pecinta kuliner. Diantara menu spesial yang langka ditemukan di RM lain, di sini ada oseng-oseng jantung pisang dan genjer.

Keunggulan masakan ala kampung yang disediakan di RM Muncul Jaya tidak hanya cita rasanya yang lezat, pengolahannya menggunakan bahan-bahan alami dengan cara yang higienis.  Seluruh bahan-bahan didapat dari hasil pertanian sekitar Ungaran yang masih alami, dan diproses melalui pencucian dan pengolahan yang mengandalkan kebersihan.

Oseng-oseng Jantung Pisang

Pengelola RM Muncul Jaya Dicky Novianto (31) mengatakan kedua menu tradisional itu merupakan menu unggulan karena sering kali dipesan pengunjung. Kebanyakan pemesan rombongan keluarga yang ingin menikmati masakan kampung ini seperti menikmati makan bersama di rumah sendiri.

“Pecinta menu oseng-oseng jantung pisang dan genjer di masyarakat kita sebenarnya cukup banyak. Mungkin saja karena masyarakat sudah mulai kesulitan mencari bahan bakunya, selain itu cara mengolah dan resepnya tidak seeanak yang di sini, sehingga pengunjung selalu datang dan kembali memesan menu spesial kami ini,” ujar Dicky kepada Jateng Pos, akhir pekan kemarin.

Gurami Bakar

Dijelaskan untuk memenuhi kebutuhan bahan kedua menu tersebut, lanjut Dicky, RM Muncul Jaya sudah memiliki sejumlah mitra petani dari Ungaran dan sekitarnya, sehingga tidak pernah kehabisan bahan. Di samping itu kualitas bahan dapat terjamin kealamian dan kebersihannya.

“Seperti genjer merupakan tanaman gulma, tapi untuk mengambilnya sebagai bahan masakan kami tidak asal-asalan. Kualitasnya harus benar-benar bagus. Tidak boleh ada ulatnya dan kotor. Daun dan batangnya harus sehat. Begitu juga dengan jantung pisang kita pilih yang kualitas terbaik dan dari jenis pisang tertentu,” jelasnya.

Pemilihan bahan yang penuh kehati-hatian itu, menurut Dicky tidak lepas dari keinginan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Hal itu juga diberlakukan dalam memilih bahan-bahan untuk mengolah menu masakan yang lain.

Disebutkan, masih ada banyak menu lainnya yang juga menjadi klangenan pengunjung, diantaranya menu wader goreng yang disajikan dari bahan ikan wader yang masih segar (fresh). Bukan ikan wader yang sudah ditepung. Menu ini cocok dijadikan menu pendamping osen-oseng jantung pisang dan genjer. Disajikan dengan tambahan sambal tradisi atau sambal mentah.

Wedang Sereh

“Masih ada lagi menu masakan ala kampung yang juga banyak yang suka. Oseng-oseng daun papaya dan kluweh.  Sedangkan menu tradisonal spesial lainnya, ada daging sapi dan ayam gongso, ayam bakar/goreng, gurami telor asing,  sop iga, dan lain-lain,” papar Dicky.

Selain menu tradisional RM Muncul Jaya juga menyediakan menu western dan chinese yang tak kalah lezat. Disebutkan Dicky, menu western ada aneka steak sapi dan ayam. Seperti tenderloin steak, sirloin steak, chicken steak, chicken golden blue, dan lain-lain. Sedangkan menu chinese; kwetiaw, nasi goreng sea food, tomyam, zupa-zupa sup, dan lain-lain.

Ada Promo Spesial Makan Siang

RM Muncul Jaya meski belum genap setahun dibuka, anemo masyarakat yang  mampir untuk menikmati sajian aneka menu spesial di sini cukup banyak. Tak lepas dari keinginan kuat pemilik resto untuk menyediakan tempat makan yang reprentatif sembari melestarikan kekayaan budaya Jawa (rumah gebyok, red).

Seluruh bangunan yang terbuat dari ukir kayu menjadi keunggulan. Meski memiliki nilai tinggi, pemilik resto tidak ingin memberatkan masyarakat yang ingin datang dan menikmati makanan. Harga setiap menu yang disajikan pun dipatok dengan harga terjangkau.

Meeting room RM Muncul Jaya terlihat unik dan artistik dengan bentuk Joglo. FOTO: ABDUL MUIZ/JATENGPOS

RM Muncul Jaya juga memberi kepuasan pengunjung dengan memberi promo khusus untuk makan siang. Menyediakan menu komplit berupa ayam goreng/bakar, nasi, lalapan, dan sambel, lengkap soft drink dengan harga Rp 22.500,-. Menu promo ini dapat dinikmati setiap hari Senin sampai Jumat pada pukul 12.00 – 15.00 WIB.

“Selain itu khusus pengguna kartu My Bank setiap hari Jumat dapat diskon 25 % dengan ketentuan minimal pembayaran Rp 150 ribu sampai Rp 1 juta. Kami juga menyediakan paket promo untuk 2- 8 orang dengan harga terjangkau,” ujar Dicky.

Ruang makan VIP terletak di lantai II dilengkapi perangkat gamelan lebih etnik dan mewah. FOTO: ABDUL MUIZ/JATENGPOS

Rumah makan yang buka setiap hari pukul 09.00 – 23.00 WIB ini memberikan fasilitas ruang VIP untuk pengunjung di lantai dua. Di tempat ini dilengkapi mini stage yang menyediakan perangkat gamelan komplit. Desain ruangan lebih elite dengan meja dan bangunan terbuat dari ukiran kayu.

“Kami juga menyediakan meeting room dan weeding dengan fasilitas audio, proyektor, tempat parkir luas. Lokasinya terletak  terpisah, di seberang rumah makan. Bangunan yang semuanya berupa gebyok memiliki nilai lebih dan lebih artistik,” tandasnya. (muz)