Beranda Jateng Solo RS di Solo Mulai Alih Fungsikan Tempat Tidur Pasien COVID-19

RS di Solo Mulai Alih Fungsikan Tempat Tidur Pasien COVID-19

7

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Solo, Jawa Tengah mulai mengalihfungsikan tempat tidur yang biasanya disiapkan untuk pasien COVID-19 ke pasien dengan penyakit lain.

“Silakan kalau mau dialihkan tetapi dengan syarat, jika sewaktu-waktu kasus (COVID-19) kembali meningkat, mereka harus siap,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo, Kamis.

Ia juga mengapresiasi kinerja rumah sakit swasta yang cukup sigap dalam menangani kasus COVID-19.

“Mereka cepat, begitu naik langsung ditambahi (tempat tidur) sendiri. Kerja sama bagus, swasta tidak harus kami kejar-kejar, tetapi mereka minta saya ada edaran agar tempat tidur dinaikkan,” katanya.

Terkait dengan kesiapan tempat tidur di masing-masing rumah sakit, pihaknya mengoptimalkan sistem informasi rumah sakit (SIRS).

“Saya tidak membatasi tetapi dioptimalkan, kalau harus 40 persen tetapi banyak menganggur kan ‘eman-eman’ (sayang). Namun tetap harus ada bangsal COVID-19 di setiap RS. Saya tidak membatasi,” katanya.

Ia mengatakan saat ini jumlah rumah sakit rujukan untuk pasien COVID-19 di Kota Solo sebanyak 16 rumah sakit dengan ketersediaan 819 tempat tidur. Meski demikian, dari total tersebut saat ini tingkat keterisiannya tidak sampai 50 persen.

Menurut dia, akhir-akhir ini khususnya sejak penerapan pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM), terjadi penurunan jumlah kasus yang cukup signifikan.

Terakhir, berdasarkan data dari Pemkot Surakarta pada tanggal 4 Maret 2021 terjadi penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 13 kasus dengan jumlah kumulatif mencapai 9.564 kasus. (fid/ant)