Beranda Ekonomi Salurkan Pinjaman Usaha di Jateng Rp 45 Miliar

Salurkan Pinjaman Usaha di Jateng Rp 45 Miliar

104

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Hingga Januari 2020, Akseleran berhasil menyalurkan total pinjaman usaha secara kumulatif sebesar Rp45 miliar di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Penyaluran pinjaman usaha tersebut diberikan kepada lebih dari 210 pinjaman.

Rimba Laut, Senior Vice President Corporate Communication Akseleran, menyampaikan bahwa Jateng merupakan provinsi keempat terbesar Akseleran yang memberikan kontribusi terhadap penyaluran pinjaman usaha sebesar 5% dari total kumulatif secara nasional yang mencapai Rp1 triliun. Adapun yang pertama, katanya, DKI Jakarta (60%) dan berikutnya adalah Jawa Barat (19%), Banten (7%), dan Jawa Timur (2%).

“Menutup Januari tahun ini, Kota Semarang naik ke posisi pertama dengan kontribusi terbesar yang per akhir tahun 2019 sempat ditempati Kabupaten Blora. Dengan demikian, dari Kota Semarang saja, sudah memberikan kontribusi penyaluran pinjaman usaha Akseleran terhadap Jateng sebesar 29%, kemudian Kabupaten Blora (23%), Kabupaten Tegal (12%), Kabupaten Banyumas (9%), dan Kabupaten Magelang (7%),” ujar Rimba, Kamis (13/2/2020).

Dia menjelaskan, Akseleran sebagai Fintech berbasis Peer to Peer (P2P) Lending yang menyalurkan pinjaman usaha produktif kepada para pelaku usaha (UKM) di Indonesia dapat diakses melalui website www.akseleran.co.id atau dari Aplikasi Google Play Store (Android) maupun Apple App Store (iOS). Menurutnya, Akseleran yang sudah naik kelas dengan status berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat menyalurkan pinjaman usaha berbasis invoice financing dan pra invoice financing dengan minimal sebesar Rp200 juta hingga Rp2 miliar.

“Kami harapkan untuk tahun ini dari Jateng dapat tumbuh dua hingga tiga kali lipat dibandingkan realisasi akhir tahun lalu yang mencapai sebesar Rp36 miliar. Sedangkan secara nasional, kami menargetkan total pinjaman usaha sebesar Rp2 triliun di akhir tahun 2020,” ungkapnya.

Selain itu, Rimba menerangkan, Akseleran juga mendukung pertumbuhan usaha mikro ke bawah dengan bekerjasama melalui Bukalapak dan Tokopedia yang sudah berlangsung sejak akhir 2018.

“Hingga pertengahan Januari tahun ini, dari kerja sama dengan kedua ecommerce tersebut, Akseleran berhasil menyalurkan total pinjaman usaha sekitar Rp6,5 miliar kepada 100 merchant lebih yang sudah melakukan penjualan di Bukalapak dan Tokopedia,” tambahnya.(aln/jan)