Beranda Jateng Satgas TMMD Dorong Budidaya Lele

Satgas TMMD Dorong Budidaya Lele

Tingkatkan Ketahanan Pangan

176
BUDIDAYA LELE : Anggota Satgas TMMD Tahun 2019 Kodim Demak Serda Supardi saat memberikan arahan cara membuat kolam lele yang baik dan benar pada warga Desa Kalikondang. Adhi pramanto /jateng pos
BUDIDAYA LELE : Anggota Satgas TMMD Tahun 2019 Kodim Demak Serda Supardi saat memberikan arahan cara membuat kolam lele yang baik dan benar pada warga Desa Kalikondang. Adhi pramanto /jateng pos

JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Agar warga desa sasaran TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak, Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota mempunyai daya tahan pangan, anggota Satgas TMMD mendorongnya untuk mempunyai usaha alternatif. Salah satunya, budidaya ternak lele yang sesuai dengan kondisi desa setempat.

Adalah Serda Supardi, yang menyempatkan keliling desa, menemui warga untuk memberi motivasi soal budidaya lele tersebut. Kepada warga yang berminat, dia memberi tutorial pembuatan kolam ikan dari terpal dan pemeliharaannya. Dikatakan, dengan modal minim dan perlengkapan sangat sederhana, dia mempraktekan membuat kolam lele dengan menggunakan terpal ukuran 2×3 di halaman rumah warga.

Agar lele cepat besar, demikian Serda Supardi, selain memberi pakan yang cukup dengan dicampur kerang yang bisa cari di sungai-sungai sekitar tempat tinggal. Setelah mencapai usia tertentu perlu memisahkan lele besar dengan kecil. ”Harus rajin-rajin memisahkan supaya tingkat kematiannya akan rendah, yakni bisa mencapai dibawah 5 persen,” papar Serda Supardi.

Selain memberikan pengetahuan tentang budidaya lele, anggota Satgas TMMD juga membangun gardu siskamling yang representatif. Dengan dibantu warga, Satgas TMMD reguler ke-105 Kodim 0716/Demak, berhasil membangun gardu pos kamling yang sangat representatif di wilayah RT 4 / RW 2, Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota.

Menurut Pasiter Kodim Demak, Kapten Inf. Mulyadi, Pos Kamling di RT 04/ RW 02 itu sengaja dibangun dari bahan dari kayu, disamping menarik diharapkan juga akan lebih awet. Telebih mampu untuk membangkitkan kesadaran warga untuk melakukan ronda malam demi keamanan kampungnya.

Salim Ketua RT setempat mengungkapkan rasa terimakasih kepada anggota Satgas yang sudah membantu warganya memiliki poskamling sendiri untuk pengamanan swakarsa.

“Terimakasih Pak Tentara, kami dibangunkan Pos Kamling yang begitu bagus. Kami akan pergunakan bangunan itu untuk melakukan Pam Swakarsa,” ujar Salim. “Semua sudah kami rembug dengan warga untuk membangkitkan kembali ronda malam di lingkungan kami,” ujar Salim. (adi/biz/sgt)