Beranda Jateng Satpol PP Bongkar Belasan Lapak Jl Raya Jogja-Solo

Satpol PP Bongkar Belasan Lapak Jl Raya Jogja-Solo

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID. KLATEN- Belasan lapak semi permanen yang ada di pinggir Jl Raya Jogja-Solo Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, dibongkar paksa oleh Satpol PP Klaten, Senin (26/2) pagi. Pembongkaran ini dilakukan karena lapak tersebut didirikan tanpa disertai ijin dari instansi terkait.

“Yang namanya bangunan maupun toko itu harus ada izin dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disdagkop dan UMKM), tapi ini kan ternyata tidak berizin. Maka ya kita tertibkan,” kata Kasatpol PP Klaten, Sugeng Haryanto.

Sebelum pembongkaran paksa dilakukan, Sugeng mengaku sudah melayangkan surat sebanyak tiga kali. Akan tetapi, peringatan tersebut tidak diindahkan oleh para pedagang. Hingga akhirnya, petugas memutuskan untuk melakukan pembongkaran paksa.

“Pembongkaran tersebut dilakukan karena pedagang melanggar aturan mendirikan bangunan di atas daerah milik jalan. Total ada 11 lapak semi permanen yang kami bongkar disini,” tambah Sugeng.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan, tanah bekas bangunan lapak rencananya akan dimanfaatkan sebagai taman kota. Hal itu dilakukan mengingat tanah tersebut terletak tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan Provinsi Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Lokasi ini nantinya juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna jalan sebagai tempat istirahat.

“Penertiban bukan hanya kami lakukan disini, tapi juga disemua wilayah. Terutama yang berada di pinggir Jl Raya Jogja-Solo,” tegas Sugeng.

Sementara itu, beberapa pedagang mengaku pasrah terkait pembongkaran paksa yang dilakukan oleh Satpol PP tersebut. Namun demikian, para pedagang berharap pemerintah memberikan solusi dengan menyediakan lokasi baru untuk berjualan.

”Kami berharap agar janji dari pemerintah desa bisa segera terlaksana untuk menampung pedagang disini. Karena setelah ini, kami belum bisa berjualan karena tidak ada tempat,” urai seorang pedagang, Rajiman. (aya/muz)

BERBAGI