Beranda Edukasi Sekolah Hebat SD Bugangan 03 Semarang Hargai Siswa dengan PIN

SD Bugangan 03 Semarang Hargai Siswa dengan PIN

BERBAGI
Kepsek SD Bugangan 03 Yuliana Wagiyan didampingi guru kelas menunjukkan PIN penghargaan untuk siswa. FOTO:BAGUS PANJI/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Ada banyak cara yang mudah untuk memberikan perhatian atau penghargaan kepada siswa di sekolah. Diantaranya adalah dengan memberikan penghargaan

pemakaian PIN sebulan sekali setiap ada upacara. Dengan disaksikan teman-teman dan gurunya, membuat siswa menjadi bangga.

Tradisi baik ini dilakukan oleh SD Bugangan 03, yang terletak di Jln Raya Citarum Semarang ini. Kepsek SD Bugangan 03, Yuliana Wagiyanti SPd SD mengatakan, pemberian PIN itu disematkan kepada siswa yang berperilaku baik di sekolah yang bisa menjadi teladan teman temanya.

“Misalnya ada siswa bersikap dan berperilaku baik kita pantau, kemudian kita catat sebulan sekali waktu upacara kita beri pin sebagai siswa teladan. Misalnya ada siswa mengambil sampah dan memasukkan tempat sampah, ini juga salah satu tindakan yang juga kita beri pin,” jelasYuliana.

Dikatakan, setiap PIN yang diberikan ke siswa masing-masing ada kriterianya sendiri. Misalmya rajin menabung ya diberi PIN penghargaan Rajin Menabung. Rajin belajar atau menyieam tanaman di sekolah ya diberi penghargaan terkait itu. Ini menjadi  kebangaan siswa sehingga mereka  termotivasi agar selalu bersikap dan perilaku baik di sekolah.

“Tentu perasaan senang yang dirasakan oleh kita berbeda. Namanya anak sekolah pasti punya kebanggaan. Apa lagi pemberian pin ini siswa tidak dibetahu sebelumnya. Guru memantau dengan sembunyi. Sehingga tidak rekayasa,” jelasnya.

Ditambahkan, pada intinya memberikan PIN penghargaan ke siswa adalah tindakan yang mulia dan mudah dilakukan. Namun jarang dilakukan sekolah lain karena mereka tidak ingin repot memantau.

“Kita ingin siswa kami tak hanya pandai akademik akan tetapi sikap dan perilaku juga perlu ditingkatkan,”imbuhnya.

Untuk program ini pihaknya telah menugaskan para guru untuk memantau anak didiknya yang berperilaku baik. Biasanya tindakan atau perilaku spontan siswa dalam kebaikan yang sering dicatat sekolah layak mendapatkan PIN. (gus/jan)