JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Dalam rangka memeringati Bulan Bahasa, SDN Gisikdrono 2 Semarang akan menggelar Parade Pantun. Kepala SDN Gisikdrono Semarang, Jumari mengatakan helatan tersebut akan digelar akhir November.

Tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap salah satu budaya Indonesia yaitu bahasa. Menurut Jumari, Bahasa merupakan alat utama untuk berkomunikasi. Selain itu dalam memeringati bulan bahasa, siswa juga diajak mengenal lebih dalam mengenai pantun.

“Pantun itu merupakan salah satu sastra melayu yang sudah ada sejak jaman dahulu. Pada pantun sangat kompleks dan mengajak siswa untuk berkreasi lebih,” katanya, Kamis (9/11).Dalam kegiatan Parade Pantun, sedikitnya SDN Gisikdrono 2 akan melibatkan 70 siswa. Nantinya, siswa akan membacakan pantun secara berurutan.

“Seperti berbalas pantun. Dan itu, pantun dibuat sendiri oleh siswa. Lokasinya di lapangan sekolahan,” imbuhnya.

Guru kelas 5, Dwi Lestari mengatakan peringatan bulan bahasa sudah pernah diselenggarakan tahun sebelumnya. Dulu, peringatan bulan bahasa digelar dengan berbagai macam lomba kesusastraan. Beberapa diantaranya lomba baca puisi, membuat cerpen, dan pidato. “Semua anak membuat sendiri, dan itu sungguh besar animo mereka,” tuturnya.

Parade untuk meningkatkan kecintaan anak terhadap sastra Indonesia yang sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Penerapan pembelajaran juga tidak harus di dalam kelas. Pembuatan dan pembacaan pantun secara berangkai merupakan salah satu praktik yang bagus bagi siswa. “Kan kalau secara langsung belajar malah bagus, ada praktiknya. Ini juga merupakan implementasi dari kurikulum 2013 yakni, siswa mampu mencipta,” terangnya.(enk/jan/mg8)