Beranda Ekonomi Sejumlah Komoditas Pokok Mengalami Kenaikan Harga

Sejumlah Komoditas Pokok Mengalami Kenaikan Harga

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SOLO — Sejumlah komoditas pokok di Kota Solo mengalami kenaikan harga seiring dengan menurunnya jumlah pasokan dari petani, salah satunya cabai merah besar.

“Untuk cabai merah besar ini kenaikannya sudah terjadi sejak satu minggu yang lalu, yaitu dari Rp20.000/kg menjadi Rp30.000/kg,” kata salah satu pedagang Kati Budiman di Solo, Senin.

Ia mengatakan kenaikan tersebut terjadi karena pada saat ini belum memasuki musim panen untuk komoditas tersebut.

Menurut dia, kenaikan harga tidak hanya terjadi pada komoditas cabai merah besar tetapi juga cabai rawit merah dari sebelumnya Rp17.000/kg naik menjadi Rp20.000/kg.

Selanjutnya, untuk cabai rawit putih dari sebelumnya Rp11.000/kg naik sedikit menjadi Rp12.000/kg dan komoditas cabai hijau besar dari sebelumnya Rp10.000/kg naik menjadi Rp14.000/kg.

Sedangkan komoditas lain yang juga mengalami kenaikan harga yaitu daging ayam ras. Salah satu pedagang Sakiyem mengatakan untuk daging ayam mengalami kenaikan harga dari Rp32.000/kg menjadi Rp34.000/kg.

“Kenaikan harga ini terjadi sudah sejak dua hari lalu,” katanya.

Terkait dengan kenaikan harga ayam tersebut, sebelumnya, Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Soloraya melakukan aksi keprihatinan atas penurunan harga daging ayam dari Rp18.000/kg hidup turun menjadi Rp13.000/kg hidup.

Ketua Pinsar Soloraya Parjuni mengatakan setelah menggelar aksi keprihatinan dan komunikasi dengan staf kepresidenan, saat ini harga sudah kembali normal di angka Rp18.000/kg hidup. (fid/ant)

BERBAGI