Beranda Sekolah Hebat Opini Guru SEKARWANGI Tingkatkan Prestasi Siswa

SEKARWANGI Tingkatkan Prestasi Siswa

163
Sri Mulyati S.Pd.MM.Pd TK Kartika IX / 28 Purworejo
Sri Mulyati S.Pd.MM.Pd TK Kartika IX / 28 Purworejo

Menciptakan suatu lembaga yang berprestasi khususnya TK ,tidak semudah membalikkan telapak tangan, membutuhkan waktu, tenaga ,biaya dan proses yang panjang.Sebagai seorang pemimpin tentu saja menghendaki lembaga yang dipimpinnya akan menghasilkan lembaga yang berprestasi,tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat sekitar khususnya lingkungan Infantri dan masyarakat sekitar pada umumnya.
Sesuai Undang – undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 pasal 28 adalah PAUD pada jalur formal berbentuk Taman Kanak – kanak ( TK ) memberikan layanan pendidikan untuk anak usia 4 – 6 tahun yang dilengkapi dengan pendidikan agama islam atau bentuk lain yang sederajat.

Tujuan pendidikan Taman Kanak – kanak adalah membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya ( Depdikbud,2008;2 ).

Untuk memberikan layanan pendidikan anak usia dini yang sesuai dengan tujuan pendidikan di Taman Kanak – kanak adalah, selain sarana dan prasarana yang memadai ,juga kerja keras dari Kepala Sekolah ,Guru , Yayasan ,Komite dan berbagai pihak / stakeholders, sehingga menciptakan siswa yang berprestasi . Untuk meningkatkan prestasi ,SEKARWANGI adalah strategi atau model yang kami terapkan di TK Kartika IX – 28 ( BTC ) Purworejo, yang berdiri sejak tahun 1997. SEKARWANGI adalah akronim dari Semangat Kerjasama Wali Siswa di Lingkungan Infantri. Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan ,jadi semangat mempunyai fungsi sebagai penggerak batin untuk bertindak.(http://www.ruslani.com/pengertian -tentang-semangat.html)

Kerjasama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama merupakan interaksi yang paling penting karena pada hakikatnya manusia tidaklah bisa hidup sendiri tanpa orang lain sehingga ia senantiasa membutuhkan orang lain. ( http//:www.temukanpengertian.com/2012/02/27/desain-dan-perencanaan-eksplorasi
Wali siswa menurut KBBI yaitu orang yang menjamin dan bertanggungjawab terhadap seorang anak di sekolahnya ,seperti Ibu, Bapak, Saudara.

Lingkungan yaitu daerah sekitar kita sesuai dengan tempat tinggal kita.Infantri yaitu pasukan tempur darat yaitu pasukan berjalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan ,dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat. (http://id.wikipedia.org/wiki/infantri) Jadi pengertian lingkungan Infantri yaitu lingkungan dimana penulis berada di daerah atau wilayah angkatan darat yaitu di lingkungan Batalyon 412 R yang beralamat di jalan Letjend Suprapto NO 80 A Purworejo.Dengan SEKARWANGI ,banyak prestasi yang telah kami raih.

Penulis berharap model SEKARWANGI ini bisa diterapkan dilembaga yang lain, karena tanpa penerapan model SEKARWANGI ini,mustahil TK Kartika IX -28 dapat mencapai prestasi yang maksimal,baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten, maupun Propinsi.

Sri Mulyati S.Pd.MM.Pd
TK Kartika IX / 28 Purworejo