Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Sekolah Adiwiyata Tumbuhkan Semangat Belajar Siswa

Sekolah Adiwiyata Tumbuhkan Semangat Belajar Siswa

188
SUBANDIYO,S.Pd. SD Negeri 3 Getas, Kaloran. Temanggung
SUBANDIYO,S.Pd. SD Negeri 3 Getas, Kaloran. Temanggung

Seiring perkembangan dunia pendidikan dewasa ini, memberikan ruang bagi setiap sekolah untuk mengembangkan cara  mengajar yang nyaman bagi anak didiknya. Hal tersebut diperlukan sebagai daya dukung agar siswa mampu menyerap pendidikan yang diajarkan secara nyaman dan matang. Salah satu Faktor yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar di antaranya adalah lingkungan sekolah yang indah, asri dan sejuk, sehingga membuat nyaman bagi para siswa dan guru.

Sekolah yang mempunyai lingkungan yang indah dan asri tentu dapat mengembangkan sistem pendidikan di luar kelas, di mana para siswa tidak hanya dapat menerima pelajaran di dalam kelas tapi juga bisa belajar diluar ruangan kelas. Sistem belajar di luar kelas ini, sudah mulai banyak dipraktikan beberapa sekolah dasar, hal tersebut dilakukan karena dianggap mampu memberikan suasana baru, senang  dan nyaman bagi para siswa. Kondisi yang nyaman dan senang diharapkan bisa memudahkan para siswa dalam menerima serta memahami pelajaran secara baik.  Anak bisa berinteraksi langsung dengan alam sekitarnya. Bisa mendapatkan konsep yang nyata tentang materi yang dipelajari. Dalam kegiatan pembelajaran guru juga mengajak siswa untuk mengolah atau mendaur ulang (recycle), dan memanfaatkan kembali (reuse) segala potensi lingkungan sekolah agar tetap terjaga kelestariannya.

Untuk mewujudkan pelaksanaan pembelajaran di luar kelas, maka diperlukan lingkungan yang didesain sekolah berwawasan Adiwiyata. Sekolah yang  berwawasan Adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan. Halaman yang hijau penuh tanaman edukasi, adanya taman- taman sekolah, wahana bermain, tempat pelaksaan kegiatan pembelajaran dilengkapi green house sebagai ruang praktikum. Berpedoman pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 02 tahun 2009, sekolah Adiwiyata adalah tempat yang baik dan ideal di mana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Tujuan sekolah berwawasan Adiwiyata secara umum untuk membentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Secara khusus bagi sekolah tersebut untuk mewujudkan waraga sekolah yang meliputi guru, siswa, komite sekolah masyarakat di lingkungan yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung keberhasilan output sekolah yang diharapkan.

Sekolah yang lingkungannya hijau dan nyaman akan memberikan kenyamanan siswa dan guru bersemangat belajar dan betah  di sekolah. Kita yakin sepaham, sekolah yang berwawasan adiwiyata memberikan keuntungan yang banyak bagi warga sekolah di antaranya: menciptakan  nuansa sejuk dan kondisi belajar mengajar yang nyaman, juga menanamkan siswa cinta pada lingkungan. Di samping itu bagi sekolah dapat meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah karena dapat memanfaatkan hasil dari lingkungan sekolah itu sendiri. Misal ditanami buah-buahan, hasilnya bisa dikonsumsi warga sekolah dan apabila ada kelebihan dijual dan hasilnya untuk membantu pelaksanaan pembelajaran. Semoga terinspirasi.

SUBANDIYO,S.Pd.

SD Negeri 3 Getas, Kaloran. Temanggung