Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Senangnya Belajar Vocabulary

Senangnya Belajar Vocabulary

185
Jumiati,S.Pd. (SMKN 1 GESI, SRAGEN)
Jumiati,S.Pd. (SMKN 1 GESI, SRAGEN)

JATENGPOS.CO.ID, – Bahasa inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan setiap orang di setiap Negara untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda Negara. Memperkenalkan bahasa inggris pada anak-anak sejak dini merupakan hal yang sulit, Sulitnya belajar bahasa inggris  karena itu bukan  bahasa sehari – hari. Memperkenalkan bahasa inggris pada anak – anak diawali dengan mengenal kosakata yang digunakan dalam bahasa tersebut. Semakin banyak kata yang dikuasai semakin mudah untuk merangkai kalimat. Mendengar kata sekali belum tentu kita bisa menghafal  dan mengetahui maknanya. Belajar bahasa hanya dengan mendengarkan saja itu membosankan. Bagaimana caranya kita memperkenalankan kosakata dengan mudah dan  menyenangkan? Berikut beberapa metode belajar kosakata bahasa inggris dngan menyenangkan.

Mengenalkan vocabulary/kosakata dengan gambar akan memberikan warna tersendiri untuk anak – anak. Anak akan lebih senang melihat gambar yang berwarna-warni. Kita bisa memberi gambar tunggal atau gambar berdasarkan situasi. Dimulai dari gambar yang paling sederhana yang sering dilihat atau digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Kemudian kita tuliskan kata-kata dibawahnya atau diucapakan bersama. Anak akan mengingatnya lebih mudah walaupun kita hanya mengucapakan sekali dua kali saja. Secara teratur setiap anak mengulang kata tersebut dengan melihat gambarnya. Atau menutup kata yang tertulis lalu melihat gambar dan mengucapkan kata yang tepat untuk gambar tersebut.

Selain dengan gambar kita bisa mengajarkan kosakata dengan mempraktikan langsung apa yang diucapkan atau menunjuk benda yang dimaksud, Hal itu akan membekas dimemori anak lebih cepat. Setiap anak harus mengucapkan kata yang dipelajari dan mempraktikannya atau menunjuk benda secara bergantian. Kita bisa juga membawa anak ke lingkungan sekitar. Tunjuk benda yang ada disitu dan ucapkan kata untuk  hal tersebut.  Jika hal tersebut diulangi berulang – ulang tentu akan membuat anak antusias untuk melakukannya.

Permainan merupakan hal berikutnya yang menyenangkan bagi anak untuk mengenal kosakata, saat bermain anak bisa lupa makan dan waktu, seharian pun anak betah tidak peduli hujan atau panas. Permainan merupakan dunia mereka yang menyenangkan. Dengan permain anak terasa ada didunianya tanpa terbebani dan terganggu oleh orang dewasa. Anak akan menirukan kata kata yang diucapkan teman – temannya dengan mudah dan cepat, anak tidak merasa digurui, karena yang mengucapkan temannya sendiri. Permainan tersebut bisa berupa tebak gambar, kata bersambung, kartu dan lain-lain.

Mengenal kata dengan audio visual pun juga menyenangkan, tapi kita memerlukan alat yang lebih seperti LCD dan laptop. Tentu melihat gambar yang bergerak dan ucapannya anak akan gembira. Seperti saat anak-anak melihat game atau youtube dihp, mereka kuat seharian melihatnya. Kita bisa putar film yang berbahasa inggris sederhana sesuaikan dengan usia anak didik dari dunia binatang, kartun, buah-buahan sampai dengan otomotif, busana, boga, keuangan dan lainnya. Minta setiap anak menuliskan kosakata atau kalimat pendek yang bisa ditangkap beserta maknanya.

Pilih cara yang sederhana dan mudah yang sesuai dengan lingkungan dan situasi bagi anak-anak untuk belajar kosakata, Tentunya masih banyak metode yang lain untuk mengenal kosakata bahasa inggris. Mari kita buat belajar kosakata lebih menyenangkan dan mudah sehingga anak-anak kita mampu merangkai kata menjadi kalimat dan mengaplikasikan dalam komunikasi sehari-hari. Dan anak-anak kita akan mampu bersaing dengan masyarakat Internasional dalam menghadapi dunia bebas sekarang.

Jumiati,S.Pd.

(SMKN 1 GESI, SRAGEN)