Beranda Internasional Seperti Apa Menu Makan Siang Trump – Kim Jong – Un ?

Seperti Apa Menu Makan Siang Trump – Kim Jong – Un ?

BERBAGI
Warga menonton televisi yang menyiarkan berita mengenai pertemuan antara Amerika Serikat dan Korea Utara, di Seoul, Korea Selatan, Senin (11/6). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji/

JATENGPOS.CO.ID, SINGAPURA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump  dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un makan siang bersama. Menu yang disajikan merupakan perpaduan dari cita rasa Barat dan Asia.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (12/6/2018), makan siang antara Trump dan Kim Jong Un bersama jajaran pejabat masing-masing negara digelar di Hotel Capella, Pulau Sentosa. Makan siang digelar setelah pertemuan bilateral antara kedua negara diakhiri.

Daftar menu makan siang dalam momen bersejarah ini menjadi sorotan media. Daftar menu yang dirilis oleh Gedung Putih menunjukkan makanan yang dihidangkan akan mengkombinasikan cita rasa Timur dan Barat.

Untuk hidangan pembuka, Trump dan Kim Jong-Un bisa memilih antara prawn cocktail and avocado salad, kemudian hidangan salad mangga muda dan gurita mentah dengan saus madu-lemon bercita rasa Asia Tenggara, atau oiseon yang merupakan hidangan timun isi khas Korea.

Untuk main course atau hidangan utama, pilihan yang disediakan antara lain beef short rib confit yang disajikan dengan dauphinois kentang dan brokoli kukus, lalu sweet and sour crispy pork dengan nasi goreng Yangzhou, atau daegu jorim yang merupakan ikan kod direbus dengan saus kecap dan lobak ala Korea.

Pilihan untuk hidangan penutup atau dessert antara lain dark chocolate tartlet ganache, atau es krim vanila dengan cherry coulis, atau tropezienne yang merupakan hidangan pastri berisi krim.

Dalam jamuan makan siang ini, selain Trump dan Kim Jong-Un, seluruh anggota delegasi AS dan Korut yang ikut dalam pertemuan bilateral juga ikut hadir. Sejumlah penasihat juga dihadirkan, salah satunya Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders dan Kim Yo-Jong, adik perempuan Kim Jong-Un.

Makan siang antara Trump maupun Kim Jong-Un ini digelar lebih lambat dari jadwal yang ditetapkan pada pukul 11.30 waktu setempat. Keduanya baru tiba di ruang makan sekitar 20 menit setelahnya. Trump dan Kim Jong-Un duduk berhadapan di meja makan panjang bersama para jajarannya.

Saat mempersilakan Kim Jong-Un untuk duduk, Trump dengan nada bercanda meminta para fotografer untuk mengambil foto yang membuat dirinya dan Kim Jong-Un tampak ‘baik dan ganteng dan kurus’. (drh/ant)