Beranda Hiburan Serunyaaaa… Hamish Daud jadi Pemulung di Pantai Kuta

Serunyaaaa… Hamish Daud jadi Pemulung di Pantai Kuta

36
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, DENPASAR – Hamish Daud, aktor film yang juga suami penyanyi Raissa, Sabtu (24/2) pagi sekitar pukul 07 Wita, dengan semangat memunguti sampah menggunakan capit yang terbuat dari kayu di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Bukan hanya Hamish Daud, ada lagi selebritis lainnya yang menjadi pemulung sampah dadakan. Dia adalah Eka Rock, musisi grup band Superman Is Dead yang juga dengan semangat memunguti sampah-sampah di Pantai Kuta, yang terkenal di kalangan turis di Pulau Dewata itu.

Selain selebritis, beberapa aktivis lingkungan hidup juga tampak sibuk, capit sana capit sini, memunguti sampah. Mereka adalah Melati Wijsen dan adiknya Isabela Wijsen, pendiri lembaga swadaya masyarakat (LSM) “Bye Bye Plastic Bag” dan Suzy Hutomo, Aktivis Lingkungan Founder SustainableSuzy.com dan Presdir The Body Shop Indonesia, sibuk menggali-gali pasir untuk mencapit sampah organik dan non organik yang dibuang sembarangan oleh para turis.

Hamish mengatakan, sebagai orang yang tumbuh besar di Bali, laut seakan menjadi rumah kedua. Kedekatan dengan laut yang membuat saya menyadari bahwa kondisi laut semakin hari semakin memburuk.

Salah satu penyebabnya adalah sampah plastik. Langkah sederhana yang dilakukan adalah mengurangi sampah plastik dengan membawa botol isi ulang kemanapun ia berpergian dan tidak lagi minum menggunakan sedotan plastik.

“Pemakaian sedotan plastik sekarang telah menjadi lifestyle. Semenjak melihat dokumentasi dari pemakaian sedotan plastik yang berimbas buruk bagi lingkungan dan species laut, maka saya tidak pernah lagi memakai sedotan, apalagi jika sedang traveling. Tidak menjadi masalah tanpa sedotan, cobalah jadi kreatif dari pada menggunakan sampah plasik,” kata Hamish.

“Pagi ini, beberapa selebritis dan aktivis lingkungan hidup serta pejabat menjadi pemulung sampah dadakan,” kata Safri Burhanuddin, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman). (drh/ant)

BERBAGI