Beranda Travelling Setelah Gracia Indri, Ada Menpar yang Singgah ke Pasar Pancingan

Setelah Gracia Indri, Ada Menpar yang Singgah ke Pasar Pancingan

14
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, LOMBOK – Masih ingat Pasar Pancingan Lombok? Pasar offline yang dibentuk Generasi Pesona Indonesia (GenPI)? Yang pernah dikunjungi artis Gracia Indri dan model Fina Phillipe? Nah, Jumat (6/7) nanti, giliran Menpar Arief Yahya yang datang berkunjung ke sana. Pasar Pancingan pun kembali buka dengan edisi spesialnya yang mulai start dari pukul 14.00 – 18.00 WITA.

Juragan Pasar Pancingan, Rizki Fadly mengatakan, edisi spesial disiapkan lantaran Menteri Pariwisata Arief Yahya akan hadir ke destinasi digital di Desa Wisata Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pekan ini kami akan buka dua kali. Yang pertama hari Jumat. Itu karena Pak Menpar (Arief Yahya, Red) akan hadir ke sana. Satunya lagi hari Minggu. Pasar akan buka seperti biasa,” ukar Rizki Fadly di Mataram, Rabu (4/7).

Dijelaskannya, Jumat nanti stand yang hadir sama seperti hari Minggu. Semua diset seperti biasa. Ada pedagang, makanan khas, aneka games, serta spot-spot selfie yang instagramable. Semua normal seperti biasanya.

“Akan ada Aneka Sate khas Lombok, Nasi Ebatan, Bakso Rumput Laut, dan lainnya, Untuk Atraksinya sendiri akan ada gebug bantal, pancingan, sepeda keliling desa, juga kesenian performance,” ujarnya.

Di pasar Pancingan, lanjut Rizki, Menpar Arief akan site visit serta berdialog dengan warga setempat. Nanti Menpar Arief akan mengajak warga untuk mengangkat potensi dan promosi pariwisata yang ada di sekitar mereka.

“Sebelum ke Pancingan, beliau hadir di acara dialog nasional dan juga meninjau beberapa lokasi di KEK Mandalika dan Desa Sade di Mataram,” Kata Rizki.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu M Faozal, memberikan dukungannya untuk GenPI dan Pasar Pancingan.

“Dinas Pariwisata NTB mendukung semua kreativitas yang diciptakan GenPI. Apalagi untuk pariwisata. Kami juga mendukung GenPI untuk terus mengembangkan destinasi digital. Dinas Pariwisata juga berharap GenPI dan destinasi digital mampu melibatkan masyarakat sebanyak-banyaknya. Termasuk untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar Pasar Pancingan,” harapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikut mengapresiasi langkah dan ide-ide kreatif yang dimunculkan GenPI. Apalagi, Pasar Pancingan mulai masuk ke dunia industri. Basic konsumennya sangat besar dan kuat. Semua sukses dibuat penasaran oleh jalan masuk di tengah sawah, kemasan instagramable yang serba digital, serta konsep back to nature dan tradisional.

“Menciptakan atraksi baru yang kekinian dengan memanfaatkan potensi lokal serta menggandeng unsur Pentahelix. Ini merupakan acara yang tidak hanya mengangkat cultural value tapi juga akan menciptakan economic value sehingga akan membuatnya sustaine,” kata Menpar Arief Yahya. (udi)