Beranda Edukasi Sekolah Hebat SD Negeri Jatingaleh 01 Siap Juarai Lomba Sekolah Adiwiyata

SD Negeri Jatingaleh 01 Siap Juarai Lomba Sekolah Adiwiyata

SDN Jatingaleh 01, Kecamatan Candisari

40
BERBAGI
KOMPAK BEKERJA: Kepsek dan guru SD Jatingaleh 01 foto bersama di sela aktivitas mengajar di sekolah
KOMPAK BEKERJA: Kepsek dan guru SD Jatingaleh 01 foto bersama di sela aktivitas mengajar di sekolah

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Semua lembaga pendidikan di Kota Semarang maupun kota-kota besar di Jateng umumnya sangat senang bila sekolahnya bisa sering juara dalam lomba dan dikenal sebagai sekolah adiwiyata. Sekolah adiwiyata memang saat ini sedang menjadi trend karena punya keunggulan dari berbagai keindahan dan kebersihan yang ada di sekolahnya.

            Biasanya sekolah adiwiyata juga tim penilainya juga dari beberapa orang berpengalaman di bidangnya. Mereka dari dinas pendidikan maupun instansi lain yang paham akan lingkungan. Maka, sekolah harus maksimal dalam mengikuti lomba menuju sekolah adiwiyata.

            Seperti yang dilakukan SD Negeri Jatingaleh 01 yang beralamat di Jalan Ksatrian No 16, Kecamatan Candisari. Sekolah tersebut memang sedang mempercantik diri untuk enghadapi lomba sekolah adiwiyata mulai tingkat kecamatan, kota, Jateng hingga nasional. Bahkan sekolah lain dimungkinkan juga sedang gencar melakukan persiapan soal sekolah adiwiyata.

            Kepsek SD Jatingaleh 01 Sri Wahyuni SPd MPd melalui Etty Purwanti SPd salah satu guru senior setempat mengatakan, banyak persiapan bila akan disebut sebagai sekolah adiwiyata. Di sekolahnya kini sedang gencar melakukan persiapan dan semuanya sudah hampir tercukupi dan lengkap 100 persen. “Untuk gedung dan daya tampuk siswa kita sudah memenuhi syarat, semua siswanya masuk pagi, aktif meningkatkan kebersihan lingkungan dan penghijauan tanaman,” ucapnya.

BUDAYA MEMBACA: Suasana literasi ratusan siswa belum lama ini membaca bersama-sama bersamaan memperingati Hari Membaca Nasional.
BUDAYA MEMBACA: Suasana literasi ratusan siswa belum lama ini membaca bersama-sama bersamaan memperingati Hari Membaca Nasional.

            Selain itu, lanjutnya, semua siswa dilibatkan peran sertanya mulai ikut merawat tanaman, kebersihan dan ikut memungut sampah. “Semoga program ini bisa terlaksana dengan baik dan didukung oleh para siswa, guru dan karyawan. Memang dalam dunia kerja di pendidikan diperlukan kerjasama tim dan tidak bisa berdiri snediri,,” ujarnya.

            Etty yang juga mantan Kepsek SD Jatingaleh 01 ini menambahkan, selain persiapan menuju sekolah adiwiyata pihaknya juga ingin menjadi sekolah yang unggul di bidang prestasi olahraga. Karena setiap tahunnya selalu ada yang baru siswa-siswi peraih juara lomba. “Berbagai kejuaraan di sekolahnya juga cukup lumayan, karena ada siswa yang ikut klub di luar sekolah dan berpretsasi. Untuk kegiatan lain ekstrakuriluler juga lumayan prestasinya,” terangnya.

            Diharapkan, sekolahnya yang kini dipimpin oleh kepsek yang baru bisa selalu membuahkan hasil yang mengesankan. Tentunya bisa menirukan pimpinan-pimpinan barunya. (gus)