Beranda Edukasi Sekolah Hebat Siap Melaksanakan Program PPK

Siap Melaksanakan Program PPK

SD Negeri Padangsari 02 Kota Semarang

114
KEBERSAMAAN: Kepala SD Negeri Padangsari 02 Kecamatan Banyumanik, Karyono, SPd. SD foto bersama jajaran guru di halaman sekolah. DOC/JATENG POS
KEBERSAMAAN: Kepala SD Negeri Padangsari 02 Kecamatan Banyumanik, Karyono, SPd. SD foto bersama jajaran guru di halaman sekolah. DOC/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sekolah Dasar (SD) Negeri Padangsari 02 Jalan Merbau Timur Kecamatan Banyumanik merupakan salah satu sekolah yang sedang berproses menuju sekolah yang lebih hebat. Sekolah ini dipercaya mendapatkan tugas dari pemerintah yang menjalankan program penguatan pendidikan karakter (PPK).

Pihak sekolah berharap bisa segara mewujudkan dan menjalankan PPK untuk kepentingan siswa. Kepala SD Padangsari 02 Kecamatan Banyumanik, Karyono SPd.SD mengatakan, saat ini baru 60 persen proses tahapan persetujuan menjalankan PPK.

Saat ini sekolahnya sedang dalam tahap verifikasi.

“Semua orangtua siswa pada dasarnya 100 persen sudah setuju program PPK dan semua menandatangani.. Hanya saja Dinas Pendidikan sedang melakukan tahapan yang sekiranya tinggal menunggu putusan resmi,” jelasnya.

Dikatakan, meski belum resmi, SD Padangsari 02 juga sudah mulai latihan menjalankan PPK mulai Selasa hingga akhir pekan. Kegiatan ada upacara, doa bersama, senam pagi tiap jumat, dan doa bersama.

“Saya pribadi sangat mendukung program PPK karena ini bisa membentuk kepribadian anak, serta pemikiran yang berkembang bisa terbetuk dengan sendirinya,” terangnya.

Karyono menyebutkan, sekarang ini siswa-siswinya juga sudah mulai belajar apa itu PPK dan di antaranya ada yang sudah memahami. Jadi tidak sekadar kegiatan-kegiatan pagi saja.

“Saya terkesan, kita mulai latihan menjalankan PPK beberapa siswa sudah banyak yang bisa mulai bersikap atau unggah-unggunya mulai nampak,” terangnya.

Karyono mengaku, sering menemukan dan melihat anak-anak sekolah di tempat lain yang siswanya kurang bersikap unggah-ungguh dan menjaga kesopanannya. Apalagi bila sedang ada tamu mereka kurang sopan saat menyela ada pembicaraan.

REFRESHING : Kegiatan arum jeram adalah wujud menciptakan kebersamaan yang dilakukan para guru dan kepala SD Padangsari 02 di sela aktivitas berlibur.
REFRESHING : Kegiatan arum jeram adalah wujud menciptakan kebersamaan yang dilakukan para guru dan kepala SD Padangsari 02 di sela aktivitas berlibur.

“Maka, lewat PPK setidaknya bisa mengubah kepribadian dan prilaku anak ini juga akan terbawa hingga rumah. Kami juga berharap orangtua di rumah juga terus memberikan perhatian anak lewat pendidikan,” urainya.

Ditambahkan, saat ini untuk terus mendukung aktivitas siswa tetap ramai pihaknya juga gencar melakukan berbagai kegiatan. Setiap bulannyaselalu ada agenda kegiatan baik di dalam maupun di luar sekolah.

“Saya memang sering memberikan keaktifan kegiatan ada suasana sekolah tetap hidup. Kami tidak ingin memimpin sekolah dengan hal-hal yang biasa,” jelasnya.

Dijelaskan, sementara siap prestasi dari akademik maupun non akademik di sekolah ini tetap berjalan lancar. Berbagai prestasi olahraga memang lebih mendominasi juara. ‘Kami akan terus support anak didiknya terus berprestsi hingga lulus nantinya,” ujarnya.

Karyono juga menyinggung, bahwa di sekolahnya jumlah siswanya termasuk banyak siswanya. Contoh saja kelas satu saja jumlahnya ada 36 anak dan di sini ada tiga rombel.

“Jumlah siswa keseluruhan dari kelas satu hingga enam ada 540 anak,” pungkasnya. (doc/sgt)