Beranda Semarang Singkirkan Singkawang, Salatiga Raih Predikat Kota Paling Toleran se-Indonesia

Singkirkan Singkawang, Salatiga Raih Predikat Kota Paling Toleran se-Indonesia

28
KOTO PALING TOLERAN:Kota Salatiga mampu meraih penghargaan Kota Paling Toleran peringkat ke-1 (satu) se-Indonesia dengan skor 6,717 menyingkirkan Kota Singkawang. Penghargaan tersebut diberikan oleh SETARA Institute di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Kamis (25/2). Nampak Wakil Walikota Salatiga Muh Haris mewakili Pemkot Salatiga.

JATENGPOS.CO.ID,  JAKARTA – Kota Salatiga mampu meraih penghargaan Kota Paling Toleran peringkat ke-1 (satu) se-Indonesia dengan skor 6,717 menyingkirkan Kota Singkawang. Penghargaan tersebut diberikan oleh SETARA Institute di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Kamis (25/2).

Muh. Haris, Wakil Walikota Salatiga mewakili Pemkot Salatiga menerima tropi penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Tumpak Haposan Simanjuktak, Inspektur Jenderal Kemendagri.

Muh. Haris menyampaikan rasa syukur atas penghargaan Indeks Kota Toleran Award ini. Ia mengatakan bahwa penghargaan ini diraih atas kerjasama dan kerja keras Kota Salatiga bersama masyarakat.

Kota Salatiga mampu mewujudkan kehidupan yang toleran dengan berbagai suku, agama, etnis, dan budaya yang ada di kota ini. Ia menyebut Kota Salatiga sebagai kota miniatur Indonesia yang majemuk.

“Terima kasih kepada SETARA Institute atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami persembahkan penghargaan ini kepada warga Kota Salatiga yang selalu hidup rukun dan menjunjung tinggi toleransi. Berbagai suku, etnis, agama, dan budaya hidup berdampingan di miniatur mini Indonesia ini, yaitu Kota Salatiga,” kata Muh. Haris.

Pada kesempatan ini dirilis peringkat 10 (sepuluh) besar Indeks Kota Toleran se-Indonesia. Peringkat tiga besar diraih oleh Kota Salatiga, Kota Singkawang, dan Kota Manado. Sedangkan Kota Tomohon (peringkat ke-4), Kota Kupang (peringkat ke-5), Kota Surabaya (peringkat ke-6), Kota Ambon (peringkat ke-7), Kota Kediri (peringkat ke-8), Kota Sukabumi (peringkat ke-9), dan Kota Bekasi (peringkat ke-10).

Dalam kesempatan itu, Muh. Haris juga mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah terpilih hasil Pemilu 2020 di Jawa Tengah yang akan dilantik besok, Jumat (26/2). Ia mengajak kepada kepala daerah terpilih untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai janji saat kampanye.

Setelah dilantik, kepala daerah menjadi milik seluruh masyarakat. Oleh karena itu, harus mampu memberikan pelayanan terbaik tanpa memandang pilihan masyarakat pada pemilu lalu.

“Saya ucapkan selamat kepada teman-teman kepala daerah terpilih. Selamat bertugas dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Setelah dilantik tentu para kepala daerah milik seluruh masyarakat. Mari bergandengan tangan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa pandang bulu,” kata Muh. Haris.(udi)