Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Siswa Aktif dengan Papan Prestasi

Siswa Aktif dengan Papan Prestasi

25
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID- Prestasi sangat dielu-elukan oleh semua orang. Prestasi dapat dicapai dengan menghasilkan nilai atau suatu karya yang luar biasa. Sejalan dengan Mas’ud Hasan Abdul Dahar dalam Djamarah (1994:21) bahwa prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja. Dengan prestasi biasanya seseorang akan memperoleh penghargaan. Penghargaan yang diterima dapat berupa materi maupun ucapan selamat. Namun, tidak mudah untuk memperoleh prestasi. Dibutuhkan kerja keras dan ketekunan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Di lingkungan pendidikan, prestasi yang dicapai oleh siswa berupa menjadi juara kelas yang diperebutkan oleh semua siswa. Gelar juara kelas sangat membanggakan, tidak hanya untuk siswa tetapi untuk orang tua. Bahkan jika siswa dapat berkompetisi diluar sekolah seperti mengikuti perlombaan antar sekolah dan memenangkan perlombaan tersebut akan membawa nama baik bagi sekolah yang siswanya menang. Oleh karena itu, banyak siswa berlomba-lomba untuk memperoleh prestasi yang membanggakan. Guru juga ikut andil dalam meningkatkan prestasi siswa supaya sekolah diperhitungkan di masyarakat. Namun, masih banyak siswa yang kurang aktif didalam kelas. Banyak faktor yang menyebabkan siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran salah satunya adalah tidak melibatkan siswa dalam pembelajaran. Siswa digiring untuk pasrah menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Guru seakan tidak pernah salah dan semua informasi hanya dapat diperoleh dari guru.

Hal yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi siswa dengan cara membuat siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Karena jika siswa antusias maka kemauan siswa untuk memahami pembelajaran juga semakin tinggi. Guru dapat menyediakan papan prestasi di kelas. Sebelumnya siswa diajak diskusi untuk menentukan stiker karakter apa yang akan ditempel pada papan prestasi misalnya: karakter kartun doraemon, emoticon senyum, dan lain-lain. Papan prestasi dapat dibuat dengan menggunakan kertas karton dan ditempeli nama siswa atau menggunakan papan kayu yang dapat digunakan untuk tahun berikutnya. Papan prestasi dibuat semenarik mungkin supaya siswa semangat untuk menempelkan stiker sebanyak-banyaknya. Papan prestasi dapat dipasang didepan maupun belakang kelas ditempat yang strategis. Stiker karakter diberikan siswa yang aktif dalam pembelajaran, misalnya berani menuliskan jawaban dipapan tulis. Guru dapat memberikan penghargaan dengan memberikan tepuk tangan dan stiker karakter yang ditempelkan pada papan prestasi oleh siswa.

Penggunaan papan prestasi diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga pembelajaran tidak berpusat pada guru. Dengan  melibatkan siswa, akan membuat siswa merasa dihargai. Siswa juga akan berlomba-lomba untuk mendapatkan stiker karakter paling banyak. Pada akhir tahun, guru juga dapat memberikan hadiah untuk siswa yang memiliki stiker karakter paling banyak. Akan menjadi kebanggan tersendiri jika dapat memperoleh stiker terbanyak. Hadiah yang diberikan guru juga dapat disimpan untuk dikenang suatu hari nanti.

            Siswa aktif akan memberikan dampak bagi kehidupan selanjutnya. Setelah siswa lulus dan beranjak dewasa, akan berbaur dengan masyarakat. Akan mampu untuk mengemukakan pendapat baik di lingkungan pekerjaan maupun di lingkungan rumah, tidak hanya ikut-ikutan saja. Siswa aktif tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri tetapi untuk orang lain. Siswa aktif juga akan meningkatkan pembangunan bangsa dengan ide-ide kreatifnya.

Runaesih, S.Pd.SD.

Guru SDN Pekutan, Bayan, Purworejo

 

BERBAGI