Beranda Edukasi Siswa SDN 3 Katelan dan TK Tunas Rimba 3 Lomba Pakaian Adat

Siswa SDN 3 Katelan dan TK Tunas Rimba 3 Lomba Pakaian Adat

BERBAGI
Siswa SDN 3 Katelan dan TK Tunas Rimba 3 Katelan,Tangen gelar perayaan hari Kartini. FOTO: ARI SUSANTO/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID. SRAGEN- Para siswa SD Negeri 3 Katelan dan TK Tunas Rimba 3 Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen menggelar lomba memakai pakaian adat Indonesia. Lomba itu untuk merayakan hari Kartini.

Kemeriahan mewarnai perayaan hari Kartini yang selalu digelar ke dua sekolah tersebut setiap tahunnya. Terlihat ada yang senang, ada yang lucu dan menggemaskan. Tetapi tak jarang ada yang malu, takut, bahkan menangis bagi siswa TK Tunas Rimba 3 Katelan.

Siswa SDN 3 Katelan dan TK Tunas Rimba 3 Katelan,Tangen gelar perayaan hari Kartini. FOTO: ARI SUSANTO/JATENGPOS

Srinuju Lukitoningrum Kepala TK Tunas Rimba 3 Dukuh Gilis, menerangkan, setiap tanggal 21 April selalu menggelar lomba berpakaian adat. Semua anak berpakaian adat yang berada di Indonesia.
“Anak-anak sangat senang dan lucu, namun ada berapa anak ketika disuruh pentas ndak mau hingga menangis. Semua anak didampingi orang tuanya dan gelaran lomba berjalan lancar,” papar Lukitoningrum

Senada dilakukan SDN 3 Katelan gelar lomba perayaan Kartini. Terlihat para siswa perempuan pakai baju kebaya dan lelaki baju beskabpan dengan semangat menggelora.

Iskandar S.Pd.M.Pd Kepala SD Negeri 3 Katelan menerangkan lomba yang digelar untuk memberi pelajaran agar anak-anak sebagai penerus bangsa berkarakter seperti jiwa Kartini. “Karena tidak sebatas meminta anak memakai baju adat, tetapi juga ditanamkan jiwa dan rasa kebangsaan dengan semangat nasionalisme dan menjaga keutuhan NKRI,” papar Iskandar. (ars/saf/sct/muz)

BERBAGI