Beranda Edukasi Sekolah Hebat Siswa SMPN 9 Tingkatkan Literasi dan Pembentukan Karakter 

Siswa SMPN 9 Tingkatkan Literasi dan Pembentukan Karakter 

101
BERBAGI
Dra Erna Listyati, M.Pd, Kepala SMPN 9 Semarang. FOTO : BAGUS PANJI/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Pengalaman pernah menjadi kepala sekolah di tempat lain perlu ditularkan di sekolah yang baru. Membagikan ilmu juga sebuah ibadah.

Inilah yang dilakukan Kepala SMP Negeri 9, Dra Erna Listyati, M.Pd yang sebelumnya pernah menjabat di sekolah SMPN 29 ini. “Di SMPN 9 sudah hampir tiga tahun saya bertugas. Kami fokus pada pembentukan karakter di sekolah ini. Jadi siswa tidak sekadar belajar di sekolah, namun mental, jatidiri juga kami ajarkan,” ucap Erna kepada Jateng Pos, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, untuk membentuk karakter siswa, selaku kepala sekolah ia juga harus terjun langsung dan tidak bisa hanya menugaskan ke para guru dan karyawan. Pembentukan karakter siswa biasanya dilakukan dengan pembiasaan setiap pagi sebelum pelajaran. Biasanya ada literasi siswa dipersilakan belajar sendiri membaca.

“Buku bacaan ini intinya bukan pelajaran, tetapi buku-buku yang sifatnya umum dan ilmu pengetahuan. Tujuannya dengan membaca mereka bisa tambah pengalaman dan tidak hanya sekadar ke sekolah belajar,” urainya.

Ia menjelaskan, siswa SMPN 9 selama ini terus digenjot pendidikannya di antaranya dengan diajak membaca buku-buku sastra, buku tentang teknologi, ilmiah dan lain-lain. Sebelum jam pelajaran, mereka belajar dan membaca hanya diberi waktu 20 menit kemudian baru dimulai jam pelajaran. Dan jika agak siang siswa diajak Salat Dhuha berjamaah, Dzuhur, Ashar hingga Salat Jumat seminggu sekali. “Selain itu juga ada acara doa bersama,” terang wanita yang juga Plt Kepala SMPN 15.

Erna mengakui, peningkatan akademik di SMPN 9 memang belum sehebat seperti SMPN 2 di wilayah timur pedurungan. Namun di sekolahnya pernah masuk peringkat dua rata-rata ujian nasional. (gus/bow/ct7)