Beranda Edukasi SMAN 1 Tangen Lepas 143 Siswa

SMAN 1 Tangen Lepas 143 Siswa

BERBAGI
PENGHARGAAN: Para siswa berpretasi yang mendapatkan selendang penghargaan dan uang pembinaan setelah lulus dari SMAN 1 Tangen, Sragen. Foto: ARI SUSANTO/ JATENGPOS
PENGHARGAAN: Para siswa berpretasi yang mendapatkan selendang penghargaan dan uang pembinaan setelah lulus dari SMAN 1 Tangen, Sragen. Foto: ARI SUSANTO/ JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Kemeriahan mewarnai suasana pelepasan lulusan 143 siswa-siswi SMA Negeri 1 Tangen, Sragen, Senin (7/5). Kebanggaan dirasakan sekolah yang berada di utara Bengawan Solo ini, karena mengantongi prestasi dalam hasil Ujian  Nasional (UN) tahun ini. Pasalnya, sejumlah siswanya berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama dengan jalur undangan.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Tangen, Drs H Wasiyo MPd menjelaskan pelepasan siswa kelas XII tahun ini merupakan angkatan yang ke 20 yang berjumlah 143 murid. Jumlah tersebut meliputi 77 siswa  Program IPS dan 66 siswa program IPA.

“Kami sendiri memberikan program pendidikan yang murah tapi sangat berkualitas dibanding sekolah lain. Terbukti meski sekolah jauh dari perkotaan, namun menghasilkan para pelajar yang berkualitas dengan hasil ujian yang baik,” papar Wasiyo.

Dikatakan Wasiyo, dari hasil kelulusan tahun ini sejumla siswa berprestasi dipastikan telah diteriam di PTN melalui jalur undangan. Diantaranya, 2 siswa dengan nilai tertinggi diraih Kesie Eli Ana dari kelas IPA diterima UNDIP Semarang. Begitu juga Dwi Astuti ini diterima di PTN Semarang melalui jalur undangan khusus.

Diketahui SMAN 1 Tangen membuka sejumlah jurusan ketrampilan lain seperti  fashion, merias, salon dan menjahit.

“Dengan menguasai sejumlah jurusan tambahan itu, para siswa setelah lulus dapat menguasai ketrampilan bisa menjadi bekal mereka, untuk mandiri membuka peluang usaha,” tutur Wasiyo.

Menurut Wasiyo, untuk tahun ini seluruh siswa  lulus seratus persen. Bagi siswa nilai terbaik diantaranya Kesie Eli Ana dan Dwi Astuti mendapatkan uang pembinaan dan slendang tanda kehormatan.

Sementara ketua panitia pelepasan siswa, Winardi S.Pd menjelaskan, dalam acara pelepasan siswa kelas XII angkatan ke 20, dihadiri seluruh wali murid, komite, Muspika Tangen dan Pengawas SMA/SMK Kabupaten Sragen. Selain itu, pelepasan tersebut dimeriahkan Tari Gambyong, baca puisi dan menyanyi oleh para siswa kelas XII dan kelas XI.

“Pelaksanaan pelepasan siswa kelas XII angkatan ke 20 yang menjadi agenda tahun ini, dilakukan dengan cara sederhana. Dan dipastikan menjadi menjadi budaya bagi SMA Negeri 1 Tangen, setelah ujian,”pungkas winardi. (ars/saf/sct)

BERBAGI