JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Kelurahan Palebon kecamatan Pedurungan Semarang patut berbangga. Punya sekolah SMP Negeri 14 yang banyak prestasi. Bahkan SMP yang berada di Jalan Panda Raya No 2 itu langganan prestasi. Selalu berada di 10 besar dari 43 sekolah SMP negeri yang ada di Semarang.

“Alhamdulilah prestasi kami selalu berada di 10 besar tepatnya di urutan 7, dari 42 SMP yang ada di Semarang,”kata Muhammad Ahsan, SAg, MKom, Kepala Sekolah SMPN 14.

Sekolahnya memang dikenal banyak prestasi dari berbagai bidang akademik maupun non akademik. Itu tak lain berkat kerja keras warga sekolah yang tak henti-hentinya memberi dukungan yang berhubungan dengan prestasi siswanya.

Itu juga dibuktikan dengan keunggulan prestasi setiap tahunya. Yakni masuk 10 besar dengan pencapaian nilai lulusan ujian nasional terbaik. Prestasi itu mampu dipertahankan oleh  SMP Negeri 14 Semarang hingga beberapa tahun terakhir ini.

“Bagi kami, ini pencapaian yang sungguh membanggakan. Padahal di Kota Semarang jumlah SMP Negeri ada sekitar 43 sekolah,” terangnya.

Ahsan mengatakan, keunggulan sekolah ini cukup imbang antara prestasi akademik maupun non akademik. Juara omba di luar kelas juga lengkap. Mulai juara tingkat Kota Semarang hingga tingkat Jawa Tengah punya.

Disebutkan, prestasi non akademik yang baru saja meraih juara beberapa bulan terakhir adalah Juara Tingkat Jateng Grup Rebana. Juara Lomba Hockey tingkat Kota Semarang. Dan juara olahraga sepakbola tingkat Kota Semarang.

“Di SMPN 14 sejumlah prestasi anak sangat bagus. Kami berharap setiap ada event lomba baik guru maupun orang tua langsung bergerak memotivasi siswa. Kami selalu memfasilitasinya,” terangnya.

Sementara berdasarkan data sekolah, SMPN 14 didirikan tahun 1981. Dengan nilai akreditasi: 87 peringkat A, tertanggal penetapan: 09 November 2010.

Sekolah punya banyak fasilitas penunjang siswa. Diantaranya ada laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium IPA (biologi), laboratorium IPA (sika). Juga ada  kantin sekolah, perpustakan sekolah, lapangan olahraga (basket), lapangan olahraga (serbaguna), kamar mandi putra dan putri, mushola dan masjid. Ada ruang BK, ruang agama, ruang keagamaan, dan aula (serbaguna). Ada juga koperasi, ruang guru, UKS, tempat parkir, ruang musik dan ruang galeri/seni. (gus/mg8)