Beranda Edukasi Sekolah Hebat SMP Negeri  4 Semarang, Sekolah Pinggiran Prestasi Membanggakan

SMP Negeri  4 Semarang, Sekolah Pinggiran Prestasi Membanggakan

95
BERBAGI
Kepala sekolah dan guru SMPN 4 Semarang foto bersama di halaman sekolah. FOTO : PRAST WD/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Banyak sekolah – sekolah negeri yang berada di pinggiran Kota Semarang memiliki prestasi non akademik  yang membanggakan. Siswa-siswinya menjuarai lomba baik tingkat Kota Semarang, se-Jateng maupun tingkat nasional.

Sekolah patut bangga karena keberhasilan ini juga tidak lepas dukungan dari kepala sekolah, para guru dan bahkan orangtua murid. Karena tanpa mereka tidak ada artinya siswa berprestasi bisa muncul dan eksis.

Sepertihalnya di SMP Negeri 4 yang berada di Jalan Tambak Dalam Raya No 1 Semarang. Meski lokasinya berada di pinggiran Kota Semarang, namun prestasi non akademiknya cukup membanggakan.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Drs Sjafrudin Djoko HN MPd kepada Jateng Pos membenarkan, prestasi non akademik bidang olahraga di sekolahnya cukup membanggakan. “Diantaranya pernah berprestasi di bidang olahraga sepakbola dan beberapa tahun lalu sering juara, terakhir pernah juara tiga. Namun silih berganti kini berganti prestasi kejuaraan yang unggul di bidang olahraga taekwondo. Karena generasi setiap tahunnya berganti ada yang sudah lulus sekolah,” ujarnya.

Sjafrudin mengatakan, untuk prestasi juara sepakbola memang di sekolahnya ada ekstrakurikuler khusus. Banyak siswa yang suka dengan olahraga ini dan rata-rata yang masuk sekolah sini banyak yang bibitnya suka sepakbola. “Apalagi juga banyak siswa kami yang ikut club sepakbola di luar. Inilah penting dan pengaruh dukungan orangtua yang juga mengikutkan anaknya ikut klub sepakbola,’ terangnya.

Dikatakan, saat ini yang sedang naik daun prestasi taekwondo dan siswa SMP Negeri 4 pernah mendapat juara tingkat nasional. Pihak sekolah pun langsung terus memotivasi beberapa siswa yang punya bibit olahraga taekwondo. “Kami sangat bangga siswa kami sering juara taekwondo dalam setiap event lomba bisa mendapatkan medali emas,” ujarnya.

Dijelaskan bahwa berbagai keahlian bidang olahraga memang salah satu penyaringan untuk mengetahui bakat siswa lewat kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 4 Semarang hampir rata-rata siswanya juga pernah mendapatkan prestasi. “Misalnya ekstra paskibra, pramuka, renang dan masih banyak lagi. Meski di bidang akademik belum unggul, pihaknya juga tetap memikirkan bagaimana untuk akademiknya bisa menyusul,” jelasnya.

Menurutnya, untuk bidang akademik memang masih standar cukup lumayan untuk sekelas di wilayah pinggiran SMPN 4 tetap ada nama. Untuk mendukung siswa unggul di bidang akademik pihaknya juga melakukan dengan pengelompokan siswa yang pandai di bidang tertentu setiap mata pelajaran (mapel). “Kita fasilitasi siswa dalam kegiatan mapel lewat pelatihan tersendiri. Kita kelompokkan mapel bagi yang akan ikut lomba. Kami selalu salurkan siswa yang punya bakat mapel, namun memang dalam lomba bidang akademik persaingan cukup ketat dan siswa kami masih belum beruntung,”terangnya.

Ditambahkan, dalam membimbing siswa menuju sebuah prestasi pihaknya tidak henti-hentinya terus memotivasi siswa bersama para guru dan dukungan orangtua murid. “Alhamdulillah siswa juga terus berusaha menciptakan prestasi-prestasi baru. Dan untuk masalah kenakalan siswa di sini juga tidak ada karena masalah karakter siswa juga kami perhatikan,” pungkasnya.