Beranda Jateng Sosialisasikan 4 Pilar, Tuti Ajak Jalin Kerukunan

Sosialisasikan 4 Pilar, Tuti Ajak Jalin Kerukunan

BERBAGI
Semangat Kebangsaan : Anggota MPR RI Tuti N Roosdiono saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan di hadapan ratusan masyarakat di Ambarawa. ( foto : dekan bawono/ jateng pos).

JATENGPOS.CO.ID, SALATIGA– Anggota MPR RI Tuti N Roosdiono mengajak masyarakat untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai dari empat pilar kebangsaan yang menjadi landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pilar kebangsaan itu meliputi Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.”Empat pilar itu merupakan kesepakatan luhur dari para pendiri bangsa ini yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa,” ujar Tuti di hadapan ratusan warga yang mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan di Ambarawa, Sabtu (12/5) kemarin.

Politisi PDI Perjuangan ini mengakui, saat ini nilai-nilai kebangsaan semakin luntur di tengah arus modernisasi dan budaya dari luar. Sehingga sangat penting untuk kembali menanamkan nilai-nilai kebangsaan itu di kalangan masyarakat. “ Melalui sosialisasi nilai-nilai kebangsaan ini, kami berharap bisa menumbuhkan semangat kebangsaan,” imbuhnya.

Tuti juga mewanti-wanti untuk tetap menjaga kerukunan dan saling menghormati dalam keberagaman. Serta jangan mudah terpancing dengan provokasi dan isu-isu yang  menyesatkan. “ Kita ini berbeda-beda, namun harus tetap rukun dan bersatu. Jangan mudah terpancing  dan terpenagruh dengan kabar yang tidak benar ( hoax),” tandasnya.

Dikatakannya, bila masyarakat hidup rukun dan bersatu, maka akan sulit untuk diadu domba dan sulit untuk dipecah belah. Karena sejarah sudah membuktikan, bangsa ini lolos dari berbagai cobaan dan rintangan karena bersatu.

“ Masyarakat terutama generasi muda juga harus tahu, bagaimana negara ini dibangun oleh para pendahulu kita. Negara ini ada karena semangat persatuan dan kegotongroyongan dalam keberagaman,” pungkasnya. (deb/bis)