Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Sosio Drama Tingkatkan Minat Belajar PPKn

Sosio Drama Tingkatkan Minat Belajar PPKn

BERBAGI
Sri Rahayu Retnoningsih,S.Pd Guru SMP N 1 Penawangan Kab. Grobogan
Sri Rahayu Retnoningsih,S.Pd Guru SMP N 1 Penawangan Kab. Grobogan

JATENGPOS.CO.ID, Pendidikan kewarganegaraan (PKn) adalah pelajaran yang sangat dibutuhkan untuk membentuk sebuah karakter bangsa. Apalagi sekarang banyak orang mengatakan jaman now, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, sehingga bisa merubah pola pikir siswa untuk meniru atau mempraktekan budaya asing, yang tidak sesuai dengan adat – istiadat kita yakni adat ketimuran.

Dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa dituntut untuk mempunyai karakter Bangsa yakni Nasionalisme, rasa cinta Tanah Air, Demokratis, semangat kebangsaan, kepedulian. Tentunya semua komponen itu harus di ajarkan secara berkesinambungan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Agar supaya siswa menyadari akan kebutuhan Pendidikan Kewarganegaraan bagi dirinya, akan tetapi minat belajar siswa kelas VII ( tujuh ) pada umumnya masih tergolong rendah.

Beberapa penyebab mengapa minat belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII (tujuh) masih tergolong rendah adalah mereka kurang mengerti dan merasa kurang percaya diri atau masih malu untuk menyampaikan pendapatnya. Penyebab yang lain adalah pada dasarnya mereka merasa takut salah sehingga tidak berani mengemukakan pendapatnya.

Dari Uraian tersebut di atas seorang guru sangat diharapkan dapat membantu siswa untuk memotifasi siswa dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Bukanlah suatu hal yang mudah, akan tetapi sangat membutuhkan cara–cara yang tepat dan sangat menyenangkan untuk menumbuh kembangkan atau membangkitkan agar supaya siswa mempunyai minat belajar yang tinggi terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tersebut. Diperlukan persiapan baik oleh seorang guru sebagai pengajar, maupun siswa. Seorang guru diharapkan dapat membangkitkan semangat yang tinggi untuk belajar terhadap pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, karena diajarkan melalui strategi yang menyenangkan.Sehingga terdorong bagi siswa untuk lebih giat dan semangat belajar,serta kreatif dan inovatif terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan(PKn). Salah satu strategi yang dapat dilakukan seorang guru PKn agar supaya siswa lebih semangat dan giyat belajar dengan menggunakan cara atau metode Sosio Drama atau Bermain Peran.

Sosio Drama atau Bermain Peran adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang digunakan untuk menjelaskan perasaan, sikap, tingkah laku, dan nilai dengan tujuan untuk menghayati perasaan, sudut pandang dan cara berfikir orang lain (DEPDIKBUD 1994.171)

Melalalui metode ini peran siswa diajak untuk belajar memecahkan masalah pribadi dengan bantuan kelompok sosial yang anggotanya teman – temannya sendiri. Dengan kata lain metode ini berupaya membantu individu melalui proses kelompok sosial.

Melalui Metode Sosio Drama atau Bermain Peran,inilah para siswa mencoba mengeksploitasi, masalah – masalah, hubungan antara manusia dengan cara memperagakanya. Hasilnya di diskusikan di kelas.Proses belajar dengan menggunakan metode Sosio Drama  atau Bermain Peran diharapkan siswa mampu menghayati tokoh yang dikehendaki, keberhasilan siswa dalam menghayati peran, akan menentukan roses pemahaman dan identitas terhadap nilai berkembang. (Hasan 1996.266)

Dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebgai Dasar Negara, kepada peserta didik kelas VII ( tujuh ) SMP kebanyakan kurang mampu dalam menyampaikan pendapatnya. Peserta didik diharapkan mampu menceritakan kembali peristiwa dalam penetapan Pancasila sebagai dasar Negara. denganSosio Drama atau bermain peran ini.diharapkan para peserta didik memperoleh konsep baru sesuai dengan tema yang di bahas. Kemudian pada langkah selanjutnya siswa diharapkan meneladani karakter para tokoh – tokoh pendiri Bangsa yangtelah diperankan ke dalam kehidupan sehari – hari,baik di sekolah, keluarga maupun di dalam masyarakat.

Oleh karena itu metode Sosio Drama atau Bermain Peran ini sangat efektif dalam meningkatkan minat belajarPendidikan Kewarganegaraan khususnya dalam materi penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara..Karena secara tidak langsung siswa berperan dalam materi ini. Para siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Namun sangat penting bagi seorang guru untuk mengembangkan dan memotivasi mereka untuk bermain Sosio Drama atau bermain peran dan menguasai karakter tokoh yang diperankan lebih bagus lagi.

BERBAGI