Beranda Pilkada Serentak 2018 Sudirman Said Gelar Kongres “Cabut Kartu Tani”

Sudirman Said Gelar Kongres “Cabut Kartu Tani”

BERBAGI
Cagub Sudirmam Said duduk diantara hadirin di acara kongres tani se - Jateng di Desa Jipang, Kecamatan Cepu (Dwi Fajar/Jateng Pos)
JATENGPOS.CO.ID, BLORA –  Kongres Tani se-Jawa Tengah melalui teleconference Pak Dirman (cagub Jateng 2018-2023) dengan perwakilan petani di 6 Eks karasidenan dengan tema “Cabut Kartu Tani” di gelar di Desa Jipang Kecamatan Cepu,Jumat (8/6).
Menurut Erie Sudewo tim sukses Cagub Sudirman Said dan Ida Fauziyah,acara ini diselenggarakan di 6 Eks karasidenan seperti Banyumas, Pekalongan, Surakarta, Semarang, Kedu dan Pati. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan petani dari berbagai daerah terkait kartu tani.
“Tujuan utama Kongres Tani yang digelar Aliansi Petani Nelayan Indonesia ini adalah cabut kartu tani. Selain itu,tuntutan aliansi diluar cabut kartu tani yaitu tolak impor beras. Kembalikan Bulog ke peran dan fungsi awalnya serta beri keleluasaan petani untuk kembangkan bibit dan pupuk sendiri,” ujar Erie Sudewo.
Jika Bulog sulit berbenah,lanjut Erie,maka akan membuat mekanisme baru perberasan Jawa Tengah.Seperti yang dilakukan oleh Bupati Kulonprogo.Pegawai negeri di Jawa Tengah, harus jadi contoh beli beras dari petani Jawa Tengah.
Erie mengatakan, cabut kartu tani menjadi simbol dan pemantik awal gubernur baru Jawa Tengah Sudirman Said akan angkat kemandirian dan kedaulatan Jawa Tengah. Beli beras,batik,kain,makanan dan produk masyarakat Jawa Tengah.
Sementara itu Cagub Sudirman Said menegaskan kartu tani akan dicabut dan diganti dengan cara sederhana dan akan memberi kemudahan petani untuk membeli pupuk.
“Kami akan menyediakan pupuk dan bibit sehingga secara keuangan petani tidak tergantung pada tengkulak.Selain itu akan membuat asuransi petani untuk melindungi harga turun dan akan bekerja mati-matian agar harga stabil,” ujar Sudirman Said.
Dia juga menambahkan, bahwa petani Cepu bisa mendorong atau mengelola pertanian sehingga bisa mengirim 200 ton beras ke luar kota termasuk Jakarta.
“Dengan demikian ada kegairahan baru,ada semangat baru ada harapan baru untuk hidup lebih baik lagi.Dari masyarakat Jateng,oleh masyarakat Jawa Tengah dan untuk masyarakat Jawa Tengah. Bangun Jateng Mukti Bareng,” ujarnya.
Hadir dalam acara ini petani dari partai pendukung Cagub Sudirman Said seperti Gerindra,PBB dan PKS. (hfd/jar/feb)
BERBAGI