Beranda Travelling Hotel Tak Henti Berinovasi, Okupansi Meningkat

Tak Henti Berinovasi, Okupansi Meningkat

Hotel Quest Simpang Lima Semarang

32
Donny Argo GM Quest Hotel Simpang Lima Semarang. FOTO : DWI SAMBODO/JATENG POS.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG –  Masa pandemi di tahun 2020 menjadi momok menurunnya laju perkembangan ragam sektor indutri pariwisata, tidak terkecuali okupansi hospitality. Kondisi ini tidak menyurutkan semangat pengelola perhotelan memberikan pelayanan maksimal dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Seperti dilakukan Hotel Quest Simpang Lima Semarang. Berbagai inovasi pelayanan yang diterapkan sesuai dengan prokes, mampu meningkatkan angka tingkat hunian kamar dan kegiatan MICE.

Donny Argo, selaku General Manager Quest Hotel Simpang Lima Semarang, mengatakan, hotel yang dikelolanya bersama tim, pada periode tahun 2020 mampu bertahan dan bahkan berkembang dengan baik.

“Keberhasilan kami tak lepas dari peran serta seluruh SDM yang terus memberikan inovasi pelayanan dalam meningkatkan pendapatan baik okupansi maupun MICE,” ujarnya, belum lama ini.

Selain itu, penerapan prokes yang mengikuti update pemerintah menjadi komitmen Manajemen dan SDM, untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat luas.

“Memanfaatkan libur Nasional ditahun 2020. Okupansi dan kegiatan MICE mampu bertahan dan berkembang dengan baik hingga 80 persen. Angka tersebut, dilihat dari presentasi okupansi yang menurun hingga angka 20 persen di tiga bulan masa pandemi,” terangnya.

Dari 155 room, 1 ballroom dan beberapa room meeting yang tersedia. Khusus di libur natal dan tahun baru, mengalami kenaikan sebesar 80 persen. Untuk kegiatan MICE khususnya wedding yang dibatasi juga mengalami kenaikan yang sama.

“Prokes tidak menjadi penghalang dan sudah menjadi bagian utama dalam penerapan kegiatan yang kami lalukan. Pembatasan kerumunan kegiatan hingga 50 persen dalam acara MICE juga mampu berjalan dengan baik.Meski, angka pendapatanya tak sebaik sebelum masa pandemi,” pungkasnya.

Dengan semangat motto kinerja “Berikan Pelayanan Maksimal, Profesional dalam Ragam Inovasi” Manajemen Hotel Quest Simpang Lima Semarang besutan Archipelago. Kedepan tetap optimis masa pandemi bakal berlalu dan perkembangan industri pariwisata mampu bangkit kembali. (ucl/muz)