Beranda Jateng Taman Satwa Sragen akan Dikirim Beruang Madu

Taman Satwa Sragen akan Dikirim Beruang Madu

BERBAGI
Ilustrasi. FOTO:BORNEONEWS

JATENGPOS.CO.ID. SOLO- PT Ndayu Alam Lestari, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah akan menerima beruang madu dari Kalimantan Tengah agar mendapatkan perawatan yang lebih baik. Pemindahan satwa langka tersebut akan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Jawa Tengah.

Melalui keterangan resminya yang diterima di Solo, Rabu (7/2), Kepala BKSDA Provinsi Jawa Tengah Suharman mengatakan translokasi beruang madu tersebut dilakukan untuk pengembangbiakan dan penyelamatan satwa dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya.

“Selain itu juga sebagai ajang pendidikan dan sosialisasi peraturan di bidang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yang diatur dalam undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 1990, PP Nomor 7 Tahun 1999, dan PP Nomor 8 Tahun 1999,” katanya.

Ia mengatakan sebelumnya pada tanggal 2 September 2017 BKSDA Kalimantan Tengah telah mendapatkan penyerahan sepasang beruang madu yang berumur 4 tahun jenis kelamin betina dan 5 tahun jenis kelamin jantan dari masyarakat Dusun Suayap, Desa Kumpang, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

Ia mengatakan pada saat diserahkan kondisi satwa sudah jinak dan tidak memungkinkan untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

“Dalam hal ini BKSDA Kalimantan Tengah mengalami kendala teknis pemeliharaannya yaitu ketersediaan kandang dan tenaga perawatnya. Oleh karena itu, dipindahkanlah ke PT Ndayu Alam Lestari,” katanya.

Ia mengatakan dengan datangnya beruang madu tersebut menambah koleksi satwa yang dilindungi di PT Ndayu Alam Lestari.

Menurut dia, hingga saat ini ada sebanyak 16 jenis satwa yang dilindungi, di antaranya kanguru, kijang, rusa bawean, rusa sumatera, landak, siamang, monyet jambul, beruk mentawai, merak, kasuari, elang, buaya, kura-kura, biawak, dan sanca.

Melalui pemindahan ini diharapkan kondisi satwa khususnya yang dilindungi juga akan lebih baik dan semakin terawat hingga bisa berkembang biak. (ant/muz)

BERBAGI