Beranda Jateng Taruh Senjata Demi Manunggal dengan Warga Membangun Desa

Taruh Senjata Demi Manunggal dengan Warga Membangun Desa

97
SANDARKAN SENAPAN : Demi mengabdi kepada pembangunan ratusan prajurit meletakkan senjata membantu warga.
SANDARKAN SENAPAN : Demi mengabdi kepada pembangunan ratusan prajurit meletakkan senjata membantu warga.

JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Sejumlah tokoh masyarakat berikut tokoh agama di Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kota menyatakan tidak akan pernah melupakan, tatkala puluhan anggota TNI menaruh senjata berjejer di lapangan sepak bola desanya, bersamaan upacara pembukaan TMMD Reguler ke 105 Kodim 0716/ Demak.

’’Ternyata ada isyarat tertentu dari momen itu, yakni TNI meletakan senjata, dan dibiarkan berjejer secara rapi di lapangan. Semua itu perlambang, bahwa untuk sementara akan meletakan senjata demi manunggal dengan warga untuk membangun Desa Kalikondang. Saya baru ngeh setelah TMMD berjalan hampir 10 hari,’’ ungkap Achmad Thobirin, salah satu tokoh masyarakat Desa Kalikondang.

Thobirin menyatakan salut dengan ”perlambang” itu semua. Karena faktanya usai upacara pembukaan, para TNI dari Kodim demak langsung merangsek ke seluruh penjuru desa Kalikondang untuk melaksanakan sejumlah pembangunan. baik membangun jalan, talud, irigasi, jamban hingga merehab RTLH.

Sementara itu di tempat lain, buah dari sosialisasi yang gencar dan efektif yang dilakukan oleh Kades Kalikondang, Asief Barchiya dan jajaran tentang TMMD Reguler ke105 Kodim 0716/Demak. Adalah begitu pedulinya Mak-Mak atau ibu-ibu di desa Kalikondang terhadap para anggota Satgas TMMD Kodim Demak yang tengah melakukan banyak pembangunan di desanya.

Secara bergilir, setiap harinya kaum Ibu-ibu Kalikondang selalu menyediakan makanan dan minuman untuk para Satgas. Seperti yang dilakukan oleh Indah dan sejumlah emak-emak lainnya, setiap pagi menjelang siang dan sore hari mengirim makanan dan minuman di sejumlah titik pekerjaan TMMD.

’’Kami juga ingin memberi kepada Pak Tentara yang juga sudah memberi bantuan kepada warga Kalikondang. Dan lagi bapak-bapak TNI yang bekerja di desa saya sudah kami anggap sebagai keluarga besar warga Desa Kalikondang,’ ungkap Indah. Sedangkan di luar program fi sik maupun non fisik TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak, sejumlah anggota Satgas TMMD mengambil inisiatif untuk memprakarsai penghijauan di desa sasaran TMMD, Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota.

Adalah Prada Makmur, anggota Satgas yang dari Yon Arhanud 15 Semarang, di sela-sela bekerja di sasaran fi sik pengecoran jalan dari Dukuh Krajan ke Dukuh Prigi, dia menyempatkan mempelopori sejumlah warga untuk melakukan penghijauan, dengan melakukan berbagai jenis tanaman di sepanjang jalan yang saat ini engah dibangun TNI.

’’Dengan cara ini, nantinya sepanjang jalan Dukuh Krajan ke Dukuh Prigi Desa Kalikondang tidak gersang. Saat ini belum bisa dirasakan manfaatnya memang, tetapi kelak kalau pohon-pohon itu sudah besar akan menjadi pohon peneduh jalan sehingga suasananya asri,’’ beber Prada Makmur. (bis/adi/mar)