Beranda Jateng Solo Terminal Surakarta Prediksi Puncak Arus Balik pada 8 Juni

Terminal Surakarta Prediksi Puncak Arus Balik pada 8 Juni

141
Terminal Tirtonadi

JATENGPOS.CO.ID, Solo – Manajemen Terminal Tirtonadi Surakarta memprediksi Sabtu (8/6) menjadi puncak arus balik Lebaran untuk penumpang yang menggunakan bus, baik reguler maupun mudik gratis.

“Puncak arus balik besok. Di samping arus balik reguler, kami juga melayani mudik gratis program Kemenhub dan DKI Jakarta,” kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto di Solo, Jumat.

Ia mengatakan khusus pemudik gratis yang akan balik dengan memanfaatkan fasilitasi dari Kementerian Perhubungan sebanyak 4.026 orang, sedangkan bus yang disediakan sebanyak 98 unit.

“Kalau bus yang disediakan pada program mudik gratis DKI Jakarta sebanyak 35 bus,” katanya.

Sementara itu, ia mengatakan arus balik melalui Terminal Tirtonadi sudah terasa sejak Kamis (6/6) malam. Berdasarkan data dari Terminal Tirtonadi, untuk jumlah penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui terminal itu pada Kamis (6/6) sebanyak 50.784 orang.

Untuk jumlah bus, yaitu bus antarkota antarprovinsi (AKAP), antarkota dalam provinsi, dan tambahan atau bus pariwisata yang melayani pada hari tersebut sebanyak 2.233 unit.

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan hari pertama Lebaran dengan jumlah penumpang sebanyak 33.053 orang dengan jumlah bus 2.291 unit.

Joko mengatakan untuk jumlah penumpang pada arus balik secara keseluruhan terjadi peningkatan sebesar 40-50 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

“Kenaikan ini karena banyak pemudik yang lebih memilih transportasi darat seiring dengan mahalnya harga tiket pesawat. Selain itu kalau mau naik kereta api kan jumlah gerbong juga terbatas,” katanya. (fid/ant)