Beranda Jateng Solo Terminal Tirtonadi Surakarta Siap berangkatkan Angkutan Umum Motor Gratis Arah Balik Jakarta

Terminal Tirtonadi Surakarta Siap berangkatkan Angkutan Umum Motor Gratis Arah Balik Jakarta

172

JATENGPOS.CO.ID, Solo – Terminal Tirtonadi Surakarta siap memberangkatkan angkutan umum untuk program motor gratis (motis) arah balik ke Jakarta dan sekitarnya.

Pantauan di lapangan, Sabtu, beberapa pekerja terlihat menaikkan sepeda motor ke beberapa truk berukuran besar yang sudah terparkir di halaman terminal. Sebelumnya, para pemilik motor harus mendaftar terlebih dahulu ke petugas terminal untuk kemudian bisa menitipkan sepeda motor mereka.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto mengatakan pemberangkatan angkutan untuk sepeda motor tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu (8/6). Sesuai dengan rencana, Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi sebanyak 5 truk dengan jumlah sepeda motor 110 unit.

“Kalau dari Kementerian Perhubungan jumlah truknya 15, sedangkan motornya 270 unit. Semuanya diberangkatkan besok,” katanya.

Oleh karena itu, ia memastikan hingga malam ini proses muat sepeda motor ke truk harus selesai dilakukan.

Ia mengatakan untuk peserta program motis pada tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu. Menurut dia, penurunan tersebut seiring dengan makin sadarnya masyarakat tentang risiko mudik dengan menggunakan sepeda motor.

“Penurunannya sekitar 40 persen dibandingkan tahun lalu. Mereka lebih memilih ikut program mudik penumpang tanpa harus membawa sepeda motornya,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Program Mudik Gratis Yeldhy Ramadhan mengatakan pada pendaftaran gelombang pertama pemberangkatan sepeda motor dilayani pada hari ini pukul 06.00-12.00 WIB.

“Kalau untuk gelombang kedua dikhususkan bagi penumpang arus balik. Rencananya akan dilangsungkan pada Sabtu (besok, red) pada pukul 09.00 WIB. Sebelum pemberangkatan, dilaksanakan registrasi ulang terlebih dahulu,” katanya. (fid/ant)