Beranda Jateng Tim KemenPAN-RB Nilai Standar Pelayanan Samsat Kabupaten Semarang

Tim KemenPAN-RB Nilai Standar Pelayanan Samsat Kabupaten Semarang

24
BERBAGI
PENILAIAN: Kepala UPPD Kabupaten Semarang, Noor Hadi (kiri) dan Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Sandhi Wiedyanoe (kanan) saat menerima tim penilai dari KemenPAN-RB. ABDUL MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID. UNGARAN–  Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Semarang (Samsat Ungaran, red) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor (PKB) selalu mengutamakan standar pelayanan yang maksimal. Hal itu selalu ditekankan untuk membuat wajib pajak yang melakukan pembayaran merasa nyaman dan puas. Diharapkan akan memunculkan rasa empati hingga mereka kedepan akan membayar pajak tepat waktu.

Pernyataan demikian disampaikan Kepala UPPD Kabupaten Semarang, Noor Hadi di sela-sela menerima tim penilai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN- RB), Rabu (4/7). Menurutnya, dalam memberikan pelayanan Samsat Ungaran mengacu pada 14 kriteria Standar Pelayanan yang menjadi dasar ajuan seluruh Samsat.

“Standar pelayanan publik menjadi acuan kami dalam memberikan pelayanan, yakni  mengenai kenyamanan, kecepatan waktu dalam pelayanan hingga sarana dan prasarana yang kami berikan kepada wajib pajak yang melakukan pembayaran,” ujarnya kepada Jateng Pos.

Seperti waktu pelayanan pembayaran wajib pajak kendaraan tahunan yang menjadi tolak ukur dalam kepuasan, menurut Noor Hadi, petugas melakukan pelayanan dengan detil dan cepat.

“Petugas kami mampu melayani pembayaran pajak satu tahun hanya membutuhkan waktu 1 menit. Jadi tidak perlu lama mengantre. Kita memberikan pelayanan secara transparan dan tidak berbelit-belit,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu tim penilai dari KemenPAN-RB dipimpin oleh Moh. Yusuf Kurniawan, SH, M.Si  selaku Kepala Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB. Penilaian dilakukan melalui pemaparan kinerja dan kelengkapan sarana prasarana yang dimiliki Samsat Ungaran.

Dilanjutkan dengan tinjauan ke lapangan yang diawali dari parkiran untuk menilai ketertiban, kemudian ke ruang tunggu antrean yang dilengkapi ruang baca, dilanjutkan melihat kesigapan petugas dalam pelayanan, ke ruang arsip, sarana prasarana untuk difabel, ruang cetak pelat nomor, hingga ke mushola.

“Kita sudah memberikan pelayanan yang terbaik mulai dari waktu, standar hingga prosedur pelayanan. Berkat kesungguhan ini penerimaan pendapatan Samsat Ungaran juga berhasil melebihi target. Menjadi yang terbaik dalam pelayanan,” ujarnya.

Turut hadir menerima tim penilai yakni Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah, Ihwan Sudrajat, dan Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Sandhi Wiedyanoe.

Seperti diketahui,  Samsat Ungaran maju ke tingkat nasional mengikuti kompetisi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2018 setelah terpilih sebagai yang terbaik dalam pelayanan dari 37 Samsat di Jawa Tengah. Rencana penilaian akan selesai September, dan diumumkan Oktober 2018 mendatang.  (muz/biz)

BERBAGI