Beranda Jateng Banyumas Tim SAR Sibuk Cari Bocah Tenggelam, Pria Ini Terjun Bunuh Diri

Tim SAR Sibuk Cari Bocah Tenggelam, Pria Ini Terjun Bunuh Diri

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, BANYUMAS – Seorang pria dilaporkan terjun ke Bendung Gerak Serayu, Desa Gambarsari, Kabupaten Banyumas, saat tim “search and rescue” gabungan sedang mencari bocah yang tenggelam di Sungai Serayu, kata Koordinator Taruna Siaga Bencana Banyumas Ady Candra.

“Berdasarkan laporan yang kami terima dari anggota TRC IKB RAPI atau Tim Reaksi Cepat Informasi Kebencanaan Radio Antar-Penduduk Indonesia, seorang pria yang tidak diketahui identitasnya itu terjun ke Pintu Nomor 4-5 Bendung Gerak Serayu pada Senin pukul 08.30 WIB,” katanya di Desa Gambarsari, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan kejadian itu diketahui oleh salah seorang anggota TRC IKB RAPI, Abdul Rosyid (53) yang bertugas di Bendung Gerak Serayu untuk mencari seorang bocah tenggelam di Sungai Serayu.

Dalam hal ini, Abdul Rosyid melihat ada seorang pria yang turun dari sepeda motor dan selanjutnya terjun ke bagian bawah bendungan, yakni di antara pintu nomor 4 dan nomor 5.

Setelah melihat kejadian tersebut, Abdul Rosyid segera berteriak memanggil rekannya, Kirno (35) yang juga sedang bertugas di tempat itu.

Terkait dengan kejadian tersebut, Ady mengatakan tim SAR gabungan yang terdiri atas Badan “Search and Rescue” Nasional Pos SAR Cilacap, Tagana Banyumas, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyumas, TRC IKB RAPI, SAR Banyumas dan SAR SMK SPM Nasional Purwokerto segera membagi tim untuk mencari pria itu ke arah hilir Sungai Serayu sejauh dua kilometer hingga di bawah Jembatan Soeharto, Rawalo.

“Pria yang tidak diketahui identitasnya itu meninggalkan satu unit sepeda motor Supra X 125 berpelat nomor R 5965 AJ yang saat ini sudah diamankan di Polsek Kebasen. Pria tersebut diketahui memakai kaos lengan pendek warna hitam dan celana pendek warna coklat gelap,” katanya.

Sementara itu petugas berhasil menemukan jasad bocah yang dilaporkan tenggelam di Sungai Serayu, Desa Wlahar Kulon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Koordinator Badan “Search and Rescue” Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap Mulwahyono mengatakan, korban atas nama Denis Ardiansah (10) ditemukan 100 meter dari lokasi kejadian pada pukul 10.30 WIB, Senin (29/1).

Ia mengatakan jenazah Denis ditemukan oleh Karsudi (45), warga Grumbul Darmajaya RT 05 RW 06, Desa Cinangsi, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap.

Menurut dia, Karsudi merupakan pakde korban yang ikut serta dalam operasi pencarian tersebut.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, kata dia, jenazah Denis segera diperiksa oleh tim medis dan selanjutnya dipulangkan ke rumah duka, Desa Sokawera RT 03 RW 04, Kecamatan Patikraja, Banyumas.

“Operasi pencarian korban tenggelam di Sungai Serayu tersebut melibatkan Basarnas Pos SAR Cilacap, Tagana Banyumas, BPBD Banyumas, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, TRC IKB RAPI, PMI Banyumas, SAR Banyumas, Serayu Rescue, TNI/Polri, dan potensi SAR lainnya,” kata Mulwahyono. (drh/ant)

BERBAGI