Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Tingkatkan Minat Menulis Melalui Penguasaan Kosa kata Bahasa Inggris di SMPN 1...

Tingkatkan Minat Menulis Melalui Penguasaan Kosa kata Bahasa Inggris di SMPN 1 Slogohimo

25
Dwi Ernawati, S.Pd Guru Mapel Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Slogohimo
Dwi Ernawati, S.Pd Guru Mapel Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Slogohimo

Seperti kita ketahui, pada umumnya siswa SMP khususnya kelas VIII di SMPN 1 Slogohimo, mengalami kesulitan dalam menulis bahasa Inggris. Siswa cenderung bersifat pasif, bosan dan mengantuk dalam kegiatan proses belajar mengajar. Tak jarang dalam kegiatan belajar mereka kelihatan tegang dalam ketrampilan menulis. Siswa tertentu yang kurang memiliki kemampuan dasar Bahasa Inggris lebih memilih menyontek pekerjaan teman atau tidak mengerjakan sama sekali. Apalagi mereka tidak memiliki penguasaan kosa kata yang cukup dan kemampuan tata bahasa.

Situasi ini sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk itu perlu dicari solusi mengapa hal itu terjadi. Hal ini dilatar belakangi berbagai factor antara lain, kurang minat terhadap belajar bahasa Inggris yang mungkin di sebabkan oleh kurangnya penguasaan kosa kata, buku penunjang dan tata bahasa, sehingga menyebabkan siswa jadi mengantuk dan bosan. Disamping itu kemungkinan gurunya kurang menggunakan metode yang tepat dan dalam menyampaikan materi pelajaran yang kurang menarik. Oleh karena itu menimbulkan berbagai masalah di atas.

Karena ketrampilan menulis bagi siswa pada Sekolah menengah Pertama sebagai dasar untuk melanjutkan ketrampilan menulis pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Jika mereka mempunyai dasar yang baik dalam bahasa Inggris maka mempermudah untuk mengikuti ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam hal ini factor guru mempunyai peran yang sangat penting untuk membangun motivasi dan minat belajar siswa. Maka sesulit apapun materi pelajaran atau proses pembelajaran yang diikuti niscaya mereka dapat menjalaninya dengan senang hati, enjoy dan percaya diri. Salah satu yang mempengaruhi belajar siswa adalah minat. Menurut The Liang Gie (1994:28), Minat merupakan salah satu factor pokok untuk meraih sukses dalam studi. Menurut beberapa penelitian mengenai salah satu sebab utama dari kegagalan belajar ialah kurangnya minat. Minat melahirkan perhatian, memudahkan terciptanya konsentrasi, mencegah gangguan perhatian dari luar, memperkuat melekatnya bahan pelajaran dalam ingatan, dan memperkecil kebosanan dalam dirinya. Jika tanpa minat akan menghasilkan sesuatu yang tidak menyenangkan.

S.C. Utami Munandar (1985:11) menyatakan bahwa minat dapat juga menjadi kekuatan motivasi. Prestasi seseorang biasanya akan berhasil jika dia mempunyai minat yang tinggi terhadap pelajaran. Dengan demikian jika sangat penting minat dalam mendukung dan mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. Mengapa siswa terkadang merasa terpaksa mengerjakan tugas menulisnya. Mungkin inilah salah satu penyebabnya. Berdasarkan latar belakang di atas dimana kita sebagai guru harus menarik minat menulis siswa. Berbagai metode harus kita gunakan unuk membuat siswa tertarik dalam ketrampilan menulis. Apabila siswa memiliki kekurangan dalam penguasaan kosa kata kita harus melatih siswa untuk menguasai kosa kata dengan jalan memberikan kamus bergambar.

Jika siswa memiliki kekurangan dalam penguasaan tata bahasa maka sebelum pembelajaran kita memberikan tata bahasa yang sesuai dengan tingkat pendidikan siswa. Dari berbagai metode yang kita lakukan diharapkan dapat mengatasi permasalahan diatas. Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas dapat kita simpulkan bahwa menarik minat siswa dalam menulis bahasa Inggris dapat kita tingkatkan melalui penguasaan kosa kata, penguasaan tata bahasa dan metode pembelajaran yang menggunakan kartu bergambar.

Sehingga siswa tidak merasa bosan, malas dan mengantuk dalam pelajaran Bahasa Inggris khususnya ketrampilan menulis.

Dwi Ernawati, S.Pd
Guru Mapel Bahasa Inggris
SMP Negeri 1 Slogohimo