Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Tingkatkan Motivasi dan hasil Berbicara Materi Cause – Effect dengan MOC

Tingkatkan Motivasi dan hasil Berbicara Materi Cause – Effect dengan MOC

120

Berbicara adalah berinteraksi antar sesama makluk hidup satu dengan lainnya dengan menggunakan bahasa. Berbicara adalah sarana komunikasi yang paling praktis,  untuk dimengerti. Menurut Henry Tarigan (1983:15) ketrampilan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, mengatakan serta menyatakan pikiran, gagasan, dan perasaan. Dengan kata lain, berbicara adalah ketrampilan untuk mengucapkan untaian kata sehingga apa yang ada dalam pikiran dapat tergambarkan dengan jelas dan diterima oleh para penyimaknya (https.//www.trigonalmedia.com). Namun dalam praktiknya tidaklah semua manusia mampu mempraktekkan bicara dengan baik dan lancar, terutama berbicara dalam bahasa Inggris. Kunci keberhasilan berbicara dalam bahasa Inggris   membutuhan kesabaran, ketekunan untuk berlatih dalam kurun waktu tidak singkat (Jateng Pos,2/9/2019).

Pembelajaran kompetensi dasar berbicara materi cause and effect yang terjadi di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Sragen, belum mencapai maksimal. Perolehan nilai masih dibawah kriteria ketuntasan minimal. Motivasi dan semangat belajar juga rendah, bisa disimpulkan bahwa pembelajaran yang sudah berjalan selama ini masih konvensional, teacher oriented atau pembelajaran yang bermuara pada guru semata, sebaliknya semua siswa terlihat pasif, tidak kreatif apalagi melakukan inovasi, kerap kali belum terlihat pada kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Sragen. Admosfir dalam kelas tersebut tampak membosankan, sehingga mempengaruhi hasil nilai bagi siswa terutama nilai kompetensi dasar materi berbicara cause and effect. Sebetulnya materi ini sangat menyenangkan karena menampilkan ide-ide sebab dan akibat terjadinya suatu peristiwa. Contoh peristiwa ini bisa berupa fenomena alam sekitar, fenomena sosial dan lain-lain. Kompetensi dasar pada materi ini menyusun sebuah dialog transaksional yang menyiratkan makna reason dan result, pada kalimat ini terdapat signal words : because, so, therefore, because of, as a result, due to dan lain sebagainya.

Berdasar latar belakang pengalaman yang terjadi pada kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Sragen semester genap tahun pelajaran 2019/2020, penulis berusaha merubah metode pembelajarannya dengan menerapkan MOC (metode pembelajaran outing class). Pengertian outing class adalah merupakan salah satu program pembelajaran yg bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. Manfaat pembelajaran outing class akan menambah pengetahuan dan kecintaan  peserta didik terhadap alam sekitar, menghilangkan kejenuhan belajar didalam kelas, mudah menerima informasi, menambah kepedulian terhadap lingkungan, meningkatkan kemampuan dalam bercerita, merangsang kreativitas, menambah pengetahuan guru dalam merencanakan strategi pembelajaran serta dapat meningkatkan motivasi belajar (JATENG POS; Samin, S.Pd Guru SMP Negeri 3 Slogohimo Wonogiri).

Model pembelajaran outing class sungguh luar biasa, keunggulan dan manfaatnya bagi penulis dan siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Sragen sudah terbukti hasilnya. Perubahan drastis bisa dirasakan oleh penulis, situasi pembelajaran menjadi berwarna. Semua siswa tampak ceria, dan fres termotivasi untuk giat belajar yang berlatarkan di taman SMA Negeri 1 Sragen. Hasil pembelajaran berbicara pada materi cause & effect meningkat menjadi 100 % tuntas dan mencapai di atas KKM.

Sudarwanti, S.Pd.

Guru SMA Negeri 1 Sragen