Beranda Jateng Solo TMMD Sengkuyung 1 di Desa Sapen, Fokus Percepatan Perekonomian Warga Selama Pandemi

TMMD Sengkuyung 1 di Desa Sapen, Fokus Percepatan Perekonomian Warga Selama Pandemi

17
Bupati Sukoharjo Etik Suryani didampingi Dandim dan Kapolres Sukoharjo membuka TMMD Sengkuyung tahap 1 2021 di desa Sapen Mojolaban Sukoharjo.
JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Kodim 0726/Sukoharjo kbali melaksanakan TMMD Sengkuyung tahap 1 tahun 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di desa Sapen, Mojolaban, Sukoharjo, secara resmi dibuka oleh Bupati Sukoharjo Hj Etik Suryani, Selasa (2/3/2021).
“TMMD sengkuyung 1 tahun 2021 kali ini dilaksanakan di desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, dengan prioritas sasaran fisik penunjang ekonomi warga, apalagi saat ini masih masa pandemi,” kata Dandim Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, Selasa usai pembukaan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan, di lobby Ruang Dinas Bupati Sukoharjo.
Dikatakan Dandim, TMMD sengkuyung tahap 1 tahun ini ditempatkan di desa Sapen, dengan pertimbangan usulan bottom-up sekaligus untuk pemerataan pembangunan, khususnya pembangunan fisik untuk menunjang perekonomian.
Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 586 juta, untuk menyelesaikan pembangunan sejumlah sasaran fisik dan non fisik untuk peningkatan pengetahuan dan ketrampilan warga.
Untuk sasaran fisik diantaranya pembuatan talud jalan dengan panjang 729 meter, pembangunan rabat beton, penghubung dukuh Dukuh RT.01 RW.09 dan dukuh Dongeng RT.01 RW.01, sepanjang 960 meter, terbagi menjadi 2 bagian yaitu Panjang 675 m x Lebar 3 m x Tebal 0,12 m dan Panjang 285 m x Lebar 2 m x 0,12 m. Selanjutnya juga dilaksanakan rehab Masjid Al Ikhlas di dukuh Grajagan.
Untuk kegiatan sasaran Non Fisik diantaranya berupa penyuluhan Wawasan kebangsaan dari Wasbang oleh Kodim 0726/Sukoharjo, Penyuluhan Kamtibmas oleh Polres Sukoharjo, Penyuluhan tentang pandemi covid 19 oleh DKK/Puskesmas, Pelayanan Kesehatan (Stunting) oleh BKKBN Sukoharjo dan Penyuluhan Pertanian oleh Dinas Pertanian.
“Sasaran utama dari TMMD Sengkuyung tahap I ini adalah untuk membantu Pemda Sukoharjo dalam rangka percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh dalam bingkai NKRI,” tegas Dandim.
Usai membuka TMMD, Bupati Sukoharjo Hj Etik Suryani, langsung meninjau lokasi TMMD pada proyek pembuatan talud jalan.
“Ini bentuk sinergitas antara Pemkab Sukoharjo, TNI, Polri, masyarakat dan ormas untuk mewujudkan pemerataan pembangunan. Sekaligus melestarikan lagi budaya gotong royong,” tegas Bupati Sukoharjo Etik Suryani.
Sekaligus melalui TMMD ini menjadi upaya pemerintah untuk mempercepat perekonomian warga selama pandemi.
Hadir dalam pembukaan, jajaran Forkopimda Sukoharjo, diantaranya Kapolres Sukoharjo, Ketua DPRD Sukoharjo, Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo, Kasbrigif Mekanis 6/Kostrad, Dan Yon 22 mewakili Komandan Grup 2 Kopassus, Pasi Pers/ Yonif 413 Mekanis 6/Kostrad, dan Kasatpol PP Kab. Sukoharjo. (Dea)