Beranda Jateng Tol Soker Mulai Dibuka, Masih Banyak Perlintasan Sebidang

Tol Soker Mulai Dibuka, Masih Banyak Perlintasan Sebidang

BERBAGI
Pintu Gerbang Tol (GT) Klodran, Karanganyar salah satu akses tol Soker yang sudah bisa diakses pemudik mulai Jumat (8/6). (Putri Wijayanti/Jateng Pos)

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Salatiga-Solo dan Solo-Ngawi mulai dibuka untuk umum, Jumat (8/6). Sejumlah fasilitas yang dibutuhkan pun sudah disiapkan PT Jasamarga Solo Ngawi( JSN) selaku pengelola. Termasuk petugas yang ditempatkan di sejumlah perlintasan sebidang serta area yang masih dalam tahap pengerjaan.

Direktur Utama PT JSN, David Wijayatno mengatakan, segala keperluan menyangkut perjalanan sudah disiapkan, Mulai dari rest area temporary, patroli layanan lalu lintas, kendaraan ambulance dan tenaga medis, cctv, serta petugas flagman yang ditempatkan di setiap perlintasan sebidang.

“Masih banyak perlintasan sebidang di sepanjang jalur tol, karena jembatan overpassnya masih dalam tahap pengerjaan. Untuk ruas Salatiga-Ngawi masih ada 11 perlintasan sebidang, sedangkan untuk ruas Solo-Ngawi masih ada lima perlintasan sebidang. Untuk keamanan pengemudi maupun warga yang melintas, di tiap titik akan ditempatkan petugas yang akan mengatur lalu lintas. Sedangkan untuk pengendara yang melintas diharapkan tidak mengemudi terlalu kencang, maksimal 40 km per jam,” jelasnya.

Selain perlintasan sebidang, David juga mengimbau pemudik khususnya yang melintasi ruas Salatiga-Solo untuk mewaspadai jalur di Kali Kenteng tepatnya di kilometer 490. Pasalnya jembatan untuk ruas tol belum selesai dikerjakan, sehingga kendaraan yang melintasi tol dialihkan melalui jalur yang ada di bawah jembatan dengan medan tanjakan yang cukup curam.

”Makanya di titik ini perlu diwaspadai. Untuk mengantisipasinya kami siapkan mobil derek jika ada kendaraan yang mogok,” jelasnya. (hfd/jay)

BERBAGI